Pengaruh Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri Gunung Kembang Lama Kecamatan Bts Ulu Kabupaten Musi Rawas

Mayang Sari, Deska and Komalasari, Bakti and Syahindra, Wandi (2022) Pengaruh Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri Gunung Kembang Lama Kecamatan Bts Ulu Kabupaten Musi Rawas. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi Deska Mayang.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode mengajar guru dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di Di SMP Negeri Gunung Kembang Lama Kecamatan Bts Ulu Kabupaten Musi Rawas, mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Di SMP Negeri Gunung Kembang Lama Kecamatan Bts Ulu Kabupaten Musi Rawas, mengetahui pengaruh metode mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI Di SMP Negeri Gunung Kembang Lama Kecamatan Bts Ulu Kabupaten Musi Rawas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan survey lapangan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability samplingdengan jenis sampling purposive. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah t-tes satu sampel (uji dua pihak) dan korelasi product moment. Kesimpulan dari penelitian ini meliputi: pertama, hasil perhitungan statistik metode mengajar guru, bahwa ternyata harga t hitung berada pada daerah penerimaan H0, thitung -0,424 masih berada pada daerah penerimaan H0, dengan taraf α = 0,05 sehingga H0 diterima atau tetap (belum ada perubahan) yang berarti metode mengajar guru di SMP Negeri Gunung Kembang Lama adalah baik. Kedua, prestasi belajar siswa di SMP Negeri Gunung Kembang Lama baik dari rata-rata nilai pengukuran sampelmenunjukkan tidak ada perubahan karena masih berada pada daerah H0dengan thitung 0,357 sehingga dapat diterima. Ketiga, terdapat hasil perhitungan setelah menggunakan rumus Product moment, diperoleh 0,249 Sehingga hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 6,2% antara variabel metode mengajar guru (X) terhadap prestasi belajar siswa (Y) di SMP Negeri Gunung Kembang Lama. Sehingga hipotesis dugaan penelitian dapat di terima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Mayang Sari, DeskaUNSPECIFIED
Komalasari, BaktiUNSPECIFIED
Syahindra, WandiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Mengajar Guru, Prestasi Belajar Siswa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:21
Last Modified: 21 Feb 2023 08:21
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/2121

Actions (login required)

View Item View Item