Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTS Muhammadiyah Rejang Lebong

Azzohardi, Azzohardi and Amda, Ahmad Dibul and Nurmal, Ifnaldi (2019) Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTS Muhammadiyah Rejang Lebong. Diploma thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
ANALISIS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs MUHAMMADIYAH REJANG LEBONG.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Curup, dalam mata pelajaran PAI (Akidah Ahlak, Al-Qur’an Hadis dan SKI). Namun untuk pelajaran fiqih tidak karena peneliti sendiri yang mengampuh pelajaran tersebut. Adapun salah satu alasan awal dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran PAI di MTs Muhammadiyah. Penelitian ini akan difokuskan pada pembelajaran PAI yaitu pelajaran Aqidah Ahlak,Al-Qur’an Hadis dan Sejarah Kebudayan Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yaitu suatu pendekatan penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa data-data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. adapun analisis keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan sowball sampling menurut sugiono dalam buku metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang di laksanakan di MTs Muhammadiyah Rejang Lebong. Simpulan secara umum penelitian ini Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah melaksanakan untuk mengatur seluruh proses pembelajaran, terkhusus juga bagi pelajaran PAI yang didalamnya terdapat pembelajaran Akidah Ahlak, Al-Qur’an Hadis, dan Sejarah Kebudayaan Islam. dalam perencanaan tersebut dirumuskan pembahasan tentang rencana-rencana yang terkait dengan administrasi pembelajaran, budaya madrasah, program-program belajar selama masa satu tahun ke depan dan hal ini berlaku bagi seluruh mata pelajaran termasuk mata pelajaran PAI (Akidah Ahlak, Al-Qur’an Hadis dan SKI). Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Rejang Lebong telah melaksanakan proses pembelajaran, yang di dalamnya terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. evaluasi yang diperoleh peserta didik, guru dapat mengetahui peserta didik dimana yang sudah berhak melanjutkan pelajaran karena sudah berrhasil menguasai materi, maupun mengetahui peserta didik yang belum berhasil menguasai materi. Guru MTs Muhammadiyah Rejang Lebong terutama yang mengampu mata pelajaran akidah ahlak, al-qur’an hadis dan SKI semua sudah guru sertifikasi sesuai jurusannya masing-masing dan sudah sering mengikuti diklat atau pelatihan-pelatihan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Azzohardi, AzzohardiUNSPECIFIED
Amda, Ahmad DibulUNSPECIFIED
Nurmal, IfnaldiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis; Pembelajaran; PAI.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 19 Oct 2019 12:19
Last Modified: 19 Oct 2019 12:19
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/201

Actions (login required)

View Item View Item