Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Toleransi Beragama pada Siswa SMK S3 Idhata Rejang Lebong

Dwinata, Rozi and Ratnawati, Ratnawati and Nurjannah, Nurjannah (2019) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Toleransi Beragama pada Siswa SMK S3 Idhata Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
skripsi rozi dwinata.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang ada di SMK S3 Idhata Rejang Lebong yang mana diketahui bahwa terdapat siswa dengan latar belakang agama yang berbeda diantaranya Islam, Kristen, Khatolik, dan Budha. Oleh sebab itu perlunya sikap toleransi beragama diantara para siswa, dengan tujuan agar suasana belajar berjalan dengan kondusif dan terjalin kerukunan antar siswa. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan mengunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Objek penelitian disini yaitu kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam dan siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan tenik analisis data menbunakan Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data) dan Conclution Drawing and Varification (Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi). Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa: 1) peran guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan nilai-nilai toleransi beragama pada SMK S3 Idhata Rejang Lebong yaitu dengan menumbuhkan toleransi beragama kepada umat agama lain dengan kegiatan keagamaan. dan membangkitkan pandangan yang berbeda kepada siswa muslim dengan melihat perbedaan agama sebagai alat meningkatkan keimanan, memberikan kesempatan bagi siswa untuk membentuk kepribadian siswa untuk lebih bisa menerima perbedaan agama. 2) faktor penghambat dan pendukung dalam menumbuhkan nilai-nilai toleransi beragama di penghambat dan pendukung dalam menumbuhkan nilai-nilai toleransi beragama pada SMK S3 Idhata Rejang Lebong yaitu faktor penghambatnya adalah ruangan ibadah yang masih terbatas, ruang kelas butuh penambahan, pembinaan keagamaan membutukan buku buku, dan pasilitas buku-buku mengenai toleransi beragama juga perlu penambahan. Sedangkan Faktor pendukungnya yaitu adanya kebijakan pemerintah mengenai toleransi beragama, kegiatan ekstrakulikuler terjalin dengan baik dengan melibat kan siswa muslim dan non muslim, terwujudnya sikap toleransi antar warga sekolah dalam kegiatan keagamaan, pengajar mampu memberikan tauladan yang mendukung dalam bersikap toleran, lingkungan sekolah yang cukup kondusif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Dwinata, RoziUNSPECIFIED
Ratnawati, RatnawatiUNSPECIFIED
Nurjannah, Nurjannahnurjannah@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Guru PAI dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Toleransi Beragama.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:02
Last Modified: 21 Feb 2023 08:02
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1898

Actions (login required)

View Item View Item