Manajemen Pembelajaran Anak Usia Dini Dengan Muatan STEAM Berbahan Loose Parts di Raudhatul Athfal Ummatan Wahidah Curup

Rahayu, Cucu and Warlizasusi, Jumira and Fakhruddin, Fakhruddin (2022) Manajemen Pembelajaran Anak Usia Dini Dengan Muatan STEAM Berbahan Loose Parts di Raudhatul Athfal Ummatan Wahidah Curup. Masters thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Tesis Cucu Rahayu.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini menghadapi banyak masalah dalam sistem pembelajaran. Seperti halnya ketiadaan daya cipta dan kemajuan tenaga pendidik, serta perangkat permainan edukatif yang kurang menunjang, demikian pula sistem pembelajaran tidak mendorong kemampuan peserta didik untuk berinovasi dan berpikir lebih tinggi. Tujuan penelitian yaitu manajemen pembelajaran, pelaksanaan muatan STEAM berbahan Loose Parts dan dampaknya. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian meliputi sumber primer dan sekunder. Instrumen penelitian, pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianilis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan : perencanaan yaitu guru membuat RPPS, selanjutnya dijabarkan pada RPPM, yang disusun dalam bentuk kegiatan pembukaan, inti, dan penutup pada RPPH, mempersiapkan bahan Loose Parts. Pengorganisasian tugas mengajar, mengelompokkan anak sesuai usia, guru mengalokasikan materi pembelajaran. Melaksanakan aktivitas motorik kasar seperti sholat dhuha, kegiatan pembuka seperti berdo’a, kegiatan inti sesuai RPPH, kegiatan penutup bercakapcakap. Penilaian seperti melalui unjuk kerja. Pelaksanaan pembelajaran STEAM berbahan Loose Parts : menerapkan seluruh tahapan bermain dengan memperhatikan strategi bermain, bersih-bersih, menyimpan barang, dan strategi mengembangkan kreativitas anak usia dini, dengan menerapkan prinsip pembelajaran PAUD. Dampak positif termanajemen dengan baik, dampak negatif bahan Loose Parts yang kurang bervariasi. Kesimpulan : manajemen pembelajaran anak usia dini untuk menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan diawali dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, penilaian. Metode STEAM dan Loose Parts melatih anak berpikir secara kritis, logis, sistematis, kegiatan yang dilaksanakan mencakup 10 prinsip pembelajaran anak usia dini. Dampak positif terlaksana dengan baik dampak negatif bahan Loose Parts yang kurang bervariasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Rahayu, CucuUNSPECIFIED
Warlizasusi, JumiraUNSPECIFIED
Fakhruddin, FakhruddinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Anak Usia Dini, STEAM Berbahan Loose Parts
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:02
Last Modified: 21 Feb 2023 08:02
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1894

Actions (login required)

View Item View Item