Upaya Guru TPA Al Falah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Tartilpada Santri (Kel. Pelabuhan Baru Kec. Curup Tengah)

Romadon, Romadon and Arcanita, Rafia and Masudi, Masudi (2019) Upaya Guru TPA Al Falah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Tartilpada Santri (Kel. Pelabuhan Baru Kec. Curup Tengah). Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
skripsi Romadon.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena berbagai masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pendidikan non formal salah satunya tentang pendidikan (Agama). Dalam ajaran Islam, pendidikan agama merupakan sesuatu yang sangat penting, karena dengan pendidikan agama akan menjadi bekal untuk menghadapi tantangan zaman pada eraglobalisasi saat ini. Sebagai lembaga pendidikan non formal yang berada di bawah naungan pengurus Masjid Al-Falah. TPA Al-Falah sesungguhnya mempunyai komitmen yang tinggi untuk memaksimalkan salah satu misinya yaitu mempersiapkan santri agar memiliki kemampuan dalam membaca al-Qur’an dengan benar secara tartil. Namun demikian proses pendidikan untuk membentuk jiwa santri untuk membaca al-Qur’an dengan benar tidaklah mudah. Maka harus ada upaya dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dengan tartil pada santri dan metode yang di gunakan sehingga tercapai misinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara mendalam tentang upaya guru TPA dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dengan tartil pada santri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pengelolah pihak TPA Al Falah, pengajar dan santri. Penelitian ini menggunakan tekhnik analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, dan verification atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan pertama upaya yang di lakukan oleh guru TPA Al Falah adalah mempraktek/latihan-latihan yang menekankan melafazdkan bacaan al-Qur’an dengan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid tanpa mengetahui istilah-istilah hukum tajwidnya, meningkatkan bacaan al-Qur’an dengan menggunakan pengajaran individu/privat. Adapun metode yang di gunakan dalam proses pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan tartil pada santri yaitu menggunakan metode Iqro’ pada tahapan dasar membaca al-Qur’an dan metode Qiro’ati pada tahap bacaan al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Romadon, RomadonUNSPECIFIED
Arcanita, RafiaUNSPECIFIED
Masudi, MasudiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TPA, Mambaca Al-Qur’an, Tartil
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:02
Last Modified: 21 Feb 2023 08:02
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1890

Actions (login required)

View Item View Item