Strategi Mengajar Guru Kelas pada Masa Pandemi (Studi Kasus di Kelas IV MIM 10 Karang Anyar)

Ulfa, Ulfa and Rahman, Abdul and Putri, Dini Palupi (2021) Strategi Mengajar Guru Kelas pada Masa Pandemi (Studi Kasus di Kelas IV MIM 10 Karang Anyar). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
STRATEGI MENGAJAR GURU KELAS PADA MASA PANDEMI(Studi kasus di Kelas IV MIM 10 Karang Anyar).pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Masa pandemi Covid-19 telah menyulitkan dalam pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah. Yang pada awalnya proses belajar mengajar tatap muka dilakukan secara full, namun sekarang kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan dengan daring ataupun luring dengan pembatasan waktu jam belajar. Sehingga dalam masa pandemi ini guru menggunakan strategi mengajar yang berbeda dari sebelumnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang strategi mengajar guru kelas pada masa pandemi, faktor pendukung dan penghambat strategi yang di gunakan guru kelas. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode snowball sampling. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data di mulai dari reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini ialah: pertama, strategi yang digunakan guru pada saat pandemi ini ialah dengan melakukan pembelajaran Luring dan Daring. Untuk pembelajaran luring, strategi yang di gunakan adalah strategi belajar tuntas (mastery learning) di mana saat mengajar guru hanya menjelaskan materi saja, sedangkan untuk pembelajaran daring, strategi yang di gunakan adalah strategi (blended learning) di mana pada masa pandemi ini pembelajaran di gabungkan antara pembelajaran tatap muka dan daring. Pembelajaran daring pun dilakukan dengan melalui grup whatshapp. Kedua, Faktor pendukung strategi yang digunakan adalah antusias siswa yang sangat bersemangat dalam melakukan pembelajaran dimasa pandemi. Dan ketiga, faktor penghambat adalah durasi waktu yang singkat dan keterbatasan dalam memiliki alat elektronik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ulfa, UlfaUNSPECIFIED
Rahman, AbdulUNSPECIFIED
Putri, Dini PalupiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Masa Pandemi
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:01
Last Modified: 21 Feb 2023 08:01
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1872

Actions (login required)

View Item View Item