Purnama, Titi and Ratnawati, Ratnawati and Gunawan, Guntur (2021) Konsep Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam QS. Al-Isra’ (32-38). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
KONSEP PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM QS. AL-ISRA’ (32-38).pdf - Accepted Version Download (1MB) |
Abstract
Abstrak: Pendidikan karakter perlu ditanamkan pada anak sedini mungkin contohnya pada pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI). Pendidikan karakter tidak hanya terdapat dalam kurikulum saja namun juga terdapat dalam ayat-ayat alqur’an seperti Qs. Al Isra’ ayat 32-38. Penelitian ini bertujuan;1) Untuk mendeskripsikan Nilai-Nilai Pendidikan karakter yang terkandung dalam QS. Al-isra’ ayat 32-38. 2) untuk mengetahui Penanaman Nilai-Nilai pendidikan karakter dalam QS. Al-isra ayat 32-38. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian pustaka (library esearch). Data primer yang dimaksud ialah data yang bersumber dari Al-qur’an dan interprestasikan melalui tafsir Almisbah (M. Quraish Shihab) dan Ibnu Katsir . Data sekunder dalam penelitian ini diambil dari sebagian literatur seperti buku-buku, artikel, internet. Teknik pengumpulan data mengumpulkan beberapa Jurnal serta buku IPS terpadu, mentrasfer data ke dalam tulisan, menganalisis isi untuk kemudian mengklasifikasikan berdasarkan pembagian yang telah ditentukan (rumusan masalah) dan mencocokkan dengan buku-buku bacaan yang relevan yang ada. Teknik analisa data yang didapat melalui kepustakaan kemudian dideskripsikan secara deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai-Nilai Pendidikan karakter yang terkandung dalam QS. Al-Isra’’ ayat 32-38.Misalnya pada surah al Isra’ ayat 32 terdapat nilai religius, dan pada ayat 33 termasuk dalam nilai pendidikan karakter peduli sosial. Pada al Isra’ ayat 34 mengandung konsep nilai pendidikan karakter tanggung jawab, ayat 35 dan 36 mengandung nilai pendidikan karakter tenang kejujuran dan ayat 37-38 mengandung konsep nilai pendidikan karakter demokratis. 2) Penanaman Nilai-Nilai pendidikan karakter dalam QS. Al-Isra’ ayat 32-38 Pendidikan karakter religius dapat ditanamkan melalui: pengajaran individu, Keteladanan, Praksis Prioritas, metode Pembiasaan Metode pembiasaan. Kepedulian sosial dapat ditanam melalui: memberikan pemahamansial, memberikan contoh, memberikan hadiah atau pujian, kunjungan memungkinkan anak berinteraksi dengan budaya yang berbeda, biarkan anak terlibat dalam aktivitas masyarakat setempat. Nilai tanggung jawab dapat ditanamkan melalui membiasakan dalam merawat diri Mengaja lingkungan, tanggung jawab terhadap emsoionalnya. Kejujuran dengan memberikan keteladanan, pembiasaan dan memberikan pemahaman. Nilai karakter demokratis dapat ditanam dengan memberikan perhatian, Mengusahakan menjadi pembicara yang baik, Menghormati anak, Memberikan kesempatan memperbaiki, Melibatkan anak dalam pengambilan keputusan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai, Pendidikan Karakter, dan QS. Al-Isra’ ayat 32-38 | ||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics L Education > LB Theory and practice of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mrs hasni hartati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 08:01 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 08:01 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1870 |
Actions (login required)
View Item |