Efektivitas Video Pembelajaran Sebagai Media Alternatif Daring pada Mata Pelajaran PAI Kelas IV SDN 02 Rejang Lebong

Gustari, Tika and Harmi, Hendra and Wahyuningsih, Wiwin Arbaini (2021) Efektivitas Video Pembelajaran Sebagai Media Alternatif Daring pada Mata Pelajaran PAI Kelas IV SDN 02 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Tika Gustari (17591135).pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran daring dilaksanakan karena adanya jarak antara guru dengan peserta didik, sehingga tidak memungkinkan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran secara langsung atau tatap muka. Pada pelaksanaan pembelajaran daring guru cenderung belum terbiasa dengan sistem pembelajaran daring ini, sehingga masih banyak guru yang tetap melakukan pembelajaran dengan cara konvensional kurangnya penjelasan materi yang lebih mendalam dari guru. Sehingga membuat siswa serta orang tua yang mendampingi anaknya belajar merasa kesulitan. Oleh karena itu guru menggunakan media video pembelajaran untuk meminimalisir permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan video pembelajaran yang dirancang oleh guru serta mengetahui apakah media video pembelajaran tersebut efektif dan sudah berhasil digunakan sebagai solusi untuk meminimalisir permasalahan yang muncul pada saat proses pembelajaran daring. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deksriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang akan diamati. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball. Tekik analisis data dengan cara reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Pengembangan video pembelajaran pada mata pelajaran PAI kelas IV SDN 02 Rejang Lebong dirancang terdiri dari beberapa tahapan yang telah dilaksanakan dimulai dari menyesuaikan antara media dengan kebutuhan siswa, identifikasi karakteristik, merumuskan tujuan, menyusun/ mengsinkronkan materi dan pengembangan alat ukur/penilaian.2) Video pembelajaran efektif digunakan sebagai media pembelajaran daring karena berhasil dapat meningkatkan motivasi belajar & hasil belajar siswa. 3) faktor pendukung dalam penerapan media video pembelajaran yaitu sarana & prasarana yang disediakan oleh pihak sekolah dan Faktor penghambat dalam penerapan video pembelajaran pada mata pelajaran PAI siswa kelas IV SDN 02 Rejang Lebong dirasakan oleh guru yaitu pada proses persiapannya merancang video karena banyak memakan waktu, tempat, serta biaya/alat pendukung yang harus memadai. serta respon beberapa anak yang kurang karena dalam pembelajaran daring jaringan internet anak terkadang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Gustari, TikaUNSPECIFIED
Harmi, HendraUNSPECIFIED
Wahyuningsih, Wiwin ArbainiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media video pembelajaran, Pembelajaran Daring
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:00
Last Modified: 21 Feb 2023 08:00
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1865

Actions (login required)

View Item View Item