Problematika dalam Pembelajaran Online di MI Muhammadiyah 14 Talang Ulu Rejang Lebong pada Masa Pandemi Covid-19

Yumna, Talitha and Ahmad, Nuzuar and Amin, Muhammad (2021) Problematika dalam Pembelajaran Online di MI Muhammadiyah 14 Talang Ulu Rejang Lebong pada Masa Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PROBLEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DI MI MUHAMMADIYAH 14 TALANG ULU REJANG LEBONG PADA MASA .pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penyebaran virus Covid-19 ini merubah seluruh sistem pembelajaran yang telah berjalan madrasah. Sistem pembelajaran yang selama ini dilakukan dengan tatap muka seketika berubah dengan pembelajaran di rumah yang dilakukan secara online. Perubahan sistem pembelajaran ini menimbulkan problematika tersendiri dalam pelaksanaannya, sehingga dibutuhkan langkah untuk mengatasi problematika tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran online di MI Muhammadiyah 14 Talang Ulu selama Masa Pandemi Covid-19, (2) Untuk mengetahui problematika yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran online di MI Muhammadiyah 14 Talang Ulu Pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Mim 14 Talang Ulu. data primer dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Wakil Kurikulum, Guru Kelas, dan Wali Murid.. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan Model Miles dan Huberman, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan Hasil penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa: (1) Dalam pelaksanaan Pembelajaran Online di MI Muhamamdiyah 14 Talang Ulu melaksanakan 2 (Dua) sistem pembelajaran yaitu (a) sistem Pembelajaran Daring Dalam Jaringan atau yang lebih dikenal dengan pembelajaran Online. Sistem pembelajarannya memanfaatkan media sosial berupa aplikasi Whatshapp dan, (b) Sistem pembelajaran Luring (Luar Jaringan), pembelajaran luring ini dilaksanakan bagi peserta didik atau wali murid yang tidak memiliki alat komunikasi yang memadai. (2) Adapun problematika yang dialami dalam pembelajaran online ini yaitu: (a) Problematika yang dialami wali murid. Tidak sedikit orang tua murid yang mampu untuk membeli sarana komunikasi yang memadai. Jika pun ada, orang tua murid juga memikirkan bagaiaman untuk membeli kuota belajar yang memungkinkan peserta didik dapat menerima pelajaran yang dikirim. (b) Problematika yang dialami oleh guru. tidak jarang, terdapat guru yang tidak mampu dalam penggunaan teknologi yang disediakan, kebanyakan dari mereka merupakan guru yang berusia lanjut. (c) Problematika yang dialami oleh kepala madrasah. Kepala madrasah memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan pembelajaran online ini. Namun dalam pembelajaran online ini, masih terdapat guru yang tidak mampu memanfaatkan teknologi yang menjadi sumber utama pelaksanaan pembelajaran online ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Yumna, TalithaUNSPECIFIED
Ahmad, NuzuarUNSPECIFIED
Amin, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika Guru, Pembelajaran Online
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:00
Last Modified: 21 Feb 2023 08:00
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1859

Actions (login required)

View Item View Item