Peran Orang Tua dalam Mengatasi Dampak Negatif Kebiasaan Bermain Game Online Anak Sekolah Dasar di Desa Ujung Tanjung 1 Kabupaten Lebong

Sembayu, Sri Ewis and Ratnawati, Ratnawati and Ristianti, Dina Hajja (2021) Peran Orang Tua dalam Mengatasi Dampak Negatif Kebiasaan Bermain Game Online Anak Sekolah Dasar di Desa Ujung Tanjung 1 Kabupaten Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Sri Ewis Sembayu (16591072).pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Abstrak: Game online merupakan hobi di kalangan semua orang khususnya anak muda. Hal terjadi hampir ke semua pelosok atau ke desa-desa dan tentunya memberikan dampak yang negatif khususnya bagi pelajar. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui: 1) Dampak negatif game online pada anak sekolah dasar di Desa Ujung Tanjung I Kabupaten Lebong. 2) Peran orang tua dalam mengatasi dampak negatif game online pada anak di Desa Ujung Tanjung I Kabupaten Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jumlah subjek yang dipilih ialah berjumlah 3 orang. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan Metode triangulasi sumber dan teknik, dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dampak negatif game online pada anak sekolah dasar di Desa Ujung Tanjung I Kabupaten Lebong adalah sebagai berikut a) Siswa menghabiskan waktu untuk bermain game online b) Siswa menghabiskan uang mereka untuk membelikan kuota internet. c) Kegiatan akademik dan prestasi akademiknya menurun, kecanduan bermain game online memberikan pengaruh pada kegiatan akademik dan hasil akademik yang mereka capai. d) Gangguan kesehatan pusing atau sakit kepala, lesu dan demam. 2) Peran orang tua dalam mengatasi dampak negatif game online pada anak di Desa Ujung Tanjung I Kabupaten Lebong sebagai berikut: a) Mengadakan kegiatan selingan atau kegiatan di luar rumah misanya dengan mengajak mereka menjajal hobi mereka seperti memancing, jalan-jalan dan berwisata. b) Mengajak mereka mengaji dan sholat, c) Berkomunikasi dengan anak d) Orang tua memberikan waktu khusus bermain game online orang tua membatasi anaknya dalam bermain game online. e) Orang tua menasehati anaknya pendekatan persuasif, yang dilakukan oleh orang tua dengan memberikan nasehat dan bimbingan kepada anaknya. f) Membatasi teman dalam bergaul atau bermain g) Membatasi uang saku dan kuota internet.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sembayu, Sri EwisUNSPECIFIED
Ratnawati, RatnawatiUNSPECIFIED
Ristianti, Dina HajjaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dampak Negatif, Game online, dan Peran orang tua
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:00
Last Modified: 21 Feb 2023 08:00
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1850

Actions (login required)

View Item View Item