Hayati, Siti and Azwar, Beni and Putri, Dini Palupi (2021) Metode Resitasi dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswa Kelas Rendah. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
METODE RESITASI DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS RENDAH.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
Abstract
Kemandirian belajar adalah hal yang penting untuk ditumbuhkan dan dikembangkan oleh peserta didik, karena kemandirian belajar dapat memperbaiki mutu proses pembelajaran pada siswa terutama dikelas rendah. Kemandirian belajar dikelas rendah terutama mengerjakan dan menyelesaikan tugas dipengaruhi oleh metode mengajar yang digunakan oleh pendidik. Salah satu metode yang digunakan oleh pendidik untuk membentuk kemandirian belajar adalah metode resitasi. Dipilihnya metode resitasi karena metode ini bisa diharapkan dijadikan solusi untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan peneliti yakni untuk mengetahui tentang bagaimana urgensi metode resitasi dan menjelaskan bagaimana konsep metode resitasi dalam membentuk kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), dimana sumber-sumber datanya terdiri dari sumber primer dan sekunder. Sedangkan, temuan data hasil penelitian dianalisis seperti melakukan reduksi, display,dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, urgensi metode resitasi dengan kemandirian belajar siswa adalah hal yang harus dikembangkan untuk melatih keaktifan siswa, dengan adanya proses belajar yang aktif maka diharapkan dapat membentuk kemandirian belajar siswa yang tentunya masih harus didampingi guru. Metode resitasi dan kemandirian siswa memiliki tujuan yang sama yaitu merangsang anak lebih aktif dalam belajar baik secara individu maupun kelompok, dan membentuk siswa yang memiliki rasa bertanggungjawab serta memiliki rasa percaya diri dan mandiri dalam mengikuti proses pembelajaran. Kedua, Konsep metode resitasi dalam membentuk kemandirian belajar siswa, dapat disimpulkan sebagai berikut: Dalam membentuk kemandirian belajar siswa harus memiliki konsep secara terstruktur. Dalam menerapkan metode resitasi sebelum proses pembelajaran berlangsung harus ada perencanakan yang matang kemudian disesuaikan dengan aturan yang telah ditentukan dan berorientasi pada tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Resitasi, Kemandirian Belajar | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mrs hasni hartati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:59 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:59 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1841 |
Actions (login required)
View Item |