Bulkoini, Bulkoini and Sutarto, Sutarto and Iswanto, Rahmat (2022) Kreativitas guru dalam pembelajaran Pendidikan agama islam di SMP Negeri 2 Merangin. Masters thesis, IAIN CURUP.
Text
Tesis Bulkoini Darmansyah.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan karena belum optimalnya kreativitas guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Merangin. Adapun permasalahannya antara lain: 1)Bagaimana kreativitas guru PAI dalam merencanakan pembelajaran di SMP Negeri 2 Merangin?. 2) Bagaimana kreativitas guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran di SMP Negeri 2 Merangin?. 3) Bagaimana kreativitas guru PAI dalam melakukan evaluasi pembelajaran di SMP Negeri 2 Merangin? Penelitin ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta keabsahan verifikasi hasil penelitian yang diperoleh dengan teknik penyuluhan partisipasi, terjadinya observasi, triagulasi data dan konsultasi pembimbing. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1) Begitu kreatif guru menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dalam pembelajaran sehingga siswa lebih semangat dalam belajar dan tidak mudah jenuh atau bosan. 2). kreativitas guru dalam menggunakan sumber belajar ialah melakukan variasi pada penggunaan sumber belajar untuk proses pembelajaran. 3) Kreativitas guru Pendidikan Agama Islam tentang evaluasi pembelajaran di SMP Negeri 2 Merangin yaitu dengan melakukan tes kepada siswa, yaitu tes lisan dan tulisan. Adapun masukkan yang dapat diberkan: 1) Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran guru harus menyiapkan beberapa dokumen pembelajaran atau perencanaan pembelajaran. 2) Kreativitas guru dalam melaksanakan pembelajaran yaitu melakukukan aktivitas Pendahuluan, a) Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran. b) Memberi motivasi belajar siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi bahan ajar dalam kehidupan sehari-hari. c) Mengajukan pertanyaanpertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya menggunakan materi yang akan dipelajari. d) menyebutkan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.e) memberikan cakupan materi serta penerangan uraian kegiatan sesuai silabus. 3) Kreativitas guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran bahwa semua hasil belajar tersebut pada dasarnya harus dapat dievaluasi.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Guru, Pembelajaran PAI | ||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion | ||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | Mr emeraldo nugroho | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:59 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:59 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1836 |
Actions (login required)
View Item |