PembentukanKarakter Insan Kamil Melalui Program Halaqah Tahfidzul Qur’an di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Permata Hati Merangin Jambi.

Al-Bukhori, Susianto and Warsah, Idi and Fakhruddin, Fakhruddin (2022) PembentukanKarakter Insan Kamil Melalui Program Halaqah Tahfidzul Qur’an di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Permata Hati Merangin Jambi. Masters thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Tesis Bukhori Bangko.pdf

Download (4MB)

Abstract

Insan Kamil merupakan manusia ideal yang mempunyai sifat dan akhlak yang terpuji sesuai dengan ajaran Islam. Namun dalam mencapainya diperlukan sebuah cara atau metode. Salah satu pencapaiannya melalui program halaqah tahfidzul qur’an. Oleh karena itulah SMPIT Permata Hati Merangin sebagai salah satu institusi pendidikan islam memasukkan program Halaqah Tahfidzul Qur’an sebagai mata pelajaran utama di sekolah. Karena dengan senantiasa berinteraksi dengan Al-Qur’an maka baik itu membaca dan menghafalkannya maka siswa akan merasa selalu dalam pengawasan Allah SWT maka diharapkan dengan demikian akan terbentuk pribadi terpuji yang sesuai dengan ajaran islam. Bentuk penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana datadata yang idapatkan tanpa menggunakan angka, hal ini karena peneliti melakukan observasi (pengamatan) langsung terhadap siswa SMPIT Permata Hati Merangin Jambi. Selain itu penelitian ini bersifat observatory participant, dimana penulis terjun langsung secara aktif terhadap kegiatan yang diadakan di SMPIT Permata Hati Merangin. Adapun teknik pengumpulan data ini penulis mengamati setiap kata-kata dan tindakan yang dilakukan oleh siswa tersebut serta mewawancarai pimpinan dan tenaga pengajar lalu mendokumentasikannya dalam bentuk foto dan video tentang kegiatan tersebut. Selain itu juga penulis banyak merujuk kepada buku-buku tentang tahfidzul qur’an dan buku-buku keislaman lainnya. Adapun teknik analisis data ini meliputi pemrosesan satuan, kategorisasi dan penafsiran data. Dari Hasil penelitian disimpulkan Dalam pelaksanaan program halaqoh tahfidzhul Qur’an di SMPIT Permata Hati Merangin Jambi terdapat dua tahapan yang harus dilewati oleh para siswa peserta halaqoh yaitu 1).program tahsin merupakan tahapan bagi siswa yang belum masuk program tahfidz (menghafal), dimulai dengan mengikuti program tahsin sesuai tingkat kemampuan bacaan (kompetensi dasar) masing-masing siswa. Hal ini bertujuan untuk membentuk bacaan yang fasih dan sesuai dengan lahjah “arobiyah, 2).Program tahfidz merupakan tahapan selanjutnya setelah melewati tahapan tahsin.Tahfidz dibagi menjadi dua yakni program takhassus yang diperuntukkan bagi siswa yang sudah fasih bacaannya dan memiliki kemampuan serta memiliki kemauan yang tinggi untuk menghafal dan program regular yang diperuntukkan bagi siswa yang sudah lancer dan fasih bacaannya tapi memiliki kemauan dan kemampuan menghafal yang lemah. 3)Program Halaqoh Tahfzhul Qur’an di SMPIT Permata Hati Merangin Jambi dilaksanakan terintegrasi dengan pembentukan karakter siswa dimana dalam halaqoh siswa tidak saja menghafal al-Quran tetapi juga diberikan materi-materi pembentukan karakter dan implementasinya dengan mengacu pada 10 kakater muslim..

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Al-Bukhori, SusiantoUNSPECIFIED
Warsah, IdiUNSPECIFIED
Fakhruddin, FakhruddinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: karakter insan kamil, halaqah tahfidz Al- qur’an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:59
Last Modified: 21 Feb 2023 07:59
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1834

Actions (login required)

View Item View Item