Pengaruh ekskul mathematics club Terhadap kemampuan kognitif siswa Di kelas iv Mis 05 Darussalam Kepahiang

Kustanti, Emi Wahyu and Azwar, Beni and Sahib, Abdul (2018) Pengaruh ekskul mathematics club Terhadap kemampuan kognitif siswa Di kelas iv Mis 05 Darussalam Kepahiang. Diploma thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Pengaruh Ekskul Mathrmatics Club Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Di Kelas IV MIS 05 Darussalam Kepahiang.pdf

Download (2MB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan disemua jenjang pendidikan yang memiliki peran yang sangat penting dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada umumnya para siswa menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit dipahami sehingga tidak sedikit siswa yang takut terhadap mata pelajaran matematika. Dengan keadaan yang demikian dan juga kurang semangatnya siswa mengakibatkan kemampuan kognitif pada mata pelajaran ini sangatlah rendah. Salah satu perubahan tersebut adalah orientasi pembelajaran yang berpusat kepada guru (teacher centered) beralih berpusat kepada siswa (student centered). Salah satu inovasi yang menarik untuk mengiringi perubahan pembelajaran yang semua berpusat pada guru beralih berpusat pada siswa adalah dengan adanya kegiatan ekskul mathematics club di MIS 05 Darussalam Kepahiang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam usaha menguji hipotesis yang telah diajukan. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil populasi sebanyak 90 siswa yaitu seluruh siswa yang duduk di bangku kelas IV MIS 05 Darussalam Kepahiang. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 40 siswa yang mengikuti ekskul mathematics club. Instrument yang digunakan peneliti adalah angket dan hasil tes kemampuan kognitif matematis siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus korelasi product moment dan regresi sederhana. Dalam penelitian “Pengaruh kegiatan ekskul mathematics club terhadap kemampuan kognitif siswa di kelas IV MIS 05 Darussalam Kepahiang” ini terdapat dua macam variabel, yang meliputi; independent variable /variabel bebas(X) yaitu ekskul mathematics club dan dependen variable / variabel terikat (Y) yaitu kemampuan kognitif siswa. Berdasarkan hasil data ekskul mathematics club dan kemampuan kognitif siswa kelas IV MIS 05 Darussalam Kepahiang terdapat analisis t independen yang didapat dari hasi perhitungan nilai pretest dan posttest adalah Sig. (2-tailed) .000< 0,5. Yang artinya terdapat perbedaan kemampuan kognitif antara nilai pretest dan posttest, dengan adanya perbedaan tersebut berarti kegiatan ekskul mathematics club mempengaruhi kemampuan kognitif matematis siswa. Dari perhitungan korelasi product moment terdapat korelasi yang sedang, dengan dibuktikan hasil data product moment sebesar 0,46 dan dari hasil perhitungan regresi sederhana diperoleh Y = 84,13 + 0,151x

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Kustanti, Emi WahyuUNSPECIFIED
Azwar, BeniUNSPECIFIED
Sahib, Abdulabdulsahib@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Ekskul Mathematics Club, Kemampuan Kognitif siswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2019 12:15
Last Modified: 03 Nov 2022 08:35
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/183

Actions (login required)

View Item View Item