Analisis Pembelajaran Berbasis Outdoor Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 77 Rejang Lebong

Bertha, Nadia and Zulaiha, Siti and Yulizah, Yosi (2022) Analisis Pembelajaran Berbasis Outdoor Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 77 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi BERTA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran berbasis outdoor merupakan pembelajaran yang dilaksanakan di luar kelas atau di luar ruangan yang bertujuan untuk membekali siswa dan mengembangkan kemampuan yang di milikinya. Penelitian ini di lakukan di Sekolah Dasar Negeri 77 Rejang Lebong dengan tujuan : (1) untuk mengetahui proses penerapan pembelajaran berbasis Outdoor pada mata pelajaran IPA.(2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pembelajaran berbasis Outdoor. (3) untuk mengetahui hasil pembelajaran berbasis Outdoor pada mata pelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar Negeri 77 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan beberapa murid IV. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan yang di gunakan oleh penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, alat bantu, menarik kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teknik uji keabsahan data yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penemuan peneliti adalah: 1) penerapan pembelajaran berbasis outdoor pada mata peajaran IPA materi tumbuhan kelas IV Sekolah Dasar Negeri 77 Rejang Lebong meliputi tiga hal yaitu : pembelajaran berbasis outdoor yaitu menentukan topik dan obyek yang akan di pelajari, menentukan cara belajar siswa, mengkonsultasikan kepada kepala sekolah, pelaksanaan pembelajaran berbasis outdoor terlebih dahulu menjelaskan obyek yaitu tumbuhan kepada siswa, siswa di ajak mengamati dan siswa mendiskusikan hasil pengamatan yang di dapat, tindak lanjut terdapat guru dan siswa mendiskusikan hasil yang di amati, siswa melaporkan hasil pengamatan yang di peroleh, guru dan siswa menarik kesimpulan pembelajaran, guru memberikan tugas tambahan (PR) dan evaluasi yang di gunakan bentuk lisan dan tulisan.2) faktor pendukung dan penghambat pada pembelajaran berbasis outdoor yaitu, sarana dan prasarana, kesiapan pendidikn,antusiasa siswa. Sedangkan faktor penghambat yaitu, siswa kurang berkonsentrasi, guru sulit mengalokasi waktu. 3) hasil pembelajaran berbasis outdoor pada mata pelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar Negeri 77 Rejang Lebong yaitu, siswa dapat menambah pengetahuan mengenai tumbuhan, siswa lebih bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran, guru lebih mudah menilai proses siswa dalam mengamati tumbuhan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Bertha, NadiaUNSPECIFIED
Zulaiha, SitiUNSPECIFIED
Yulizah, YosiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Outdoor, Mata Pelajaran IPA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:59
Last Modified: 21 Feb 2023 07:59
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1824

Actions (login required)

View Item View Item