Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD IT Rabbi Radhiyah Rejang Lebong Dengan Menggunakan Media Balon Amanah Mata Pelajaran PKn

Wulandari, Reni Puspa and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Arbaini, Wiwin (2019) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD IT Rabbi Radhiyah Rejang Lebong Dengan Menggunakan Media Balon Amanah Mata Pelajaran PKn. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Perbedaan HAsil Belajar Siswa Kelas IV SD IT RABBI RADHIYAH Rejang Lebong dengan Menggunakan Media Balon Amanah Mata Pela~1.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Media pembelajaran belum banyak digunakan oleh guru dalam mengajar. Media pembelajaran seharusnya sudah banyak dilakukan oleh guru keuntungannya membentuk karakter siswa lebih aktif, kreatif dan berfikir lebih kritis. Permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini melihat Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD IT Rabbi Radhiyah Rejang Lebong Dengan Menggunakan Media Balon Amanah Mata Pelajaran PKn. Penelitian ini termasuk dalam penelitian True Eksperimental Design dengan metode pretest-posttest Control Group Design. pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes awal (pre-test) dan tes akhir (pos-test), dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Nilai hasil belajar siswa kelas IV SD IT Rabbi Radhiyah Rejang Lebong sebelum melakukan pelaksanaan dengan menggunakan media balon amanah perbedaan nilai rata-rata pre test kelas eksperimen 78,75, dan nilai rata-rata kontrol 76,5. Siswa yang mencapai nilai KKM di kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 80% dari 100% skor yang diharapkan. Kedua, Nilai hasil belajar siswa kelas IV SD IT Rabbi Radhiyah Rejang Lebong setelah melakukan pelaksanaan dengan menggunakan media balon amanah pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata yaitu perbedaan nilai rata-rata post test kelas eksperimen 84,25, dan nilai rata-rata kelas kontrol 68,5. Siswa yang mencapai nilai KKM di kelas eksperimen sebesar 95%, sedangkan siswa yang mencapai nilai KKM di kelas kontrol sebesar 35% sangat jauh berbeda dengan hasil sebelum melaksankan pembelajaran dengan menggunakan media balon amanah. Ketiga, Pengaruh penggunaan media balon amanah terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD IT Rabbi Radhiyah Rejang lebong yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil belajar siswa dengan membandingkan hasil pre test dengan post test siswa dikelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Hasil pre test kelas eksperimen sebesar 76,65 dengan siswa yang tuntas menurut KKM sebesar 80%. Sedangkan hasil post test kelas eksperimen sebesar 84,25 dengan siswa yang tuntas menurut KKM sebesar 95%. Melihat perbandingan hasil dari pre test dan post test kelas eksperimen maka dapat ditarik kesimpulan bahwa media balon amanah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Wulandari, Reni PuspaUNSPECIFIED
Hamengkubuwono, HamengkubuwonoUNSPECIFIED
Arbaini, WiwinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: media balon amanah, hasil belajar
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:59
Last Modified: 21 Feb 2023 07:59
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1822

Actions (login required)

View Item View Item