Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complete Sentence dengan Menggunakan Flash Cards dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV MIS 02 Kepahiang

Saripani, Saripani and Harmi, Hendra and Khair, Ummul (2019) Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complete Sentence dengan Menggunakan Flash Cards dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV MIS 02 Kepahiang. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COMPLETE SENTENCE.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Keterampilan menulis digunakan dalam komunikasi tertulis yang biasanya bersifat formal. Setelah observasi di MIS 02 Kepahiang, ternyata masih terdapat banyak siswa yang bingung dalam hal penggunaan huruf yang hampir sama pengucapannya dan juga penggunaan kata non baku. Maka dari itu peneliti berupaya meningkatkan keterampilan menulis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence. Tujuan penelitian ini adalah; 1) untuk mengetahui keterampilan menulis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence, 2) untuk meningkatkan keterampilan menulis dengan model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence, 3) untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Berbentuk dua siklus dan tiap-tiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Setiap siklusnya dilakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas IV MIS 02 Kepahiang dengan jumlah siswa 17 orang yakni 8 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Adapun hasil penelitian ini adalah; 1) Keterampilan menulis siswa sebelum penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence dengan menggunakan flash card masih terdapat banyak kesalahan huruf dan penggunaan kata non baku. Setelah menggunakan model pembelajaran ini mayoritas siswa dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan penulisan dan mampu menggunakan bahasa baku yang baik dan benar. 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence dengan menggunakan flash cards dapat membantu meningkatkan kegiatan dan aktivitas belajar siswa serta hasil belajar siswa dalam bidang keterampilan menulis. 3) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe complete sentence dengan menggunakan flash cards secara efektif dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Saripani, SaripaniUNSPECIFIED
Harmi, HendraUNSPECIFIED
Khair, UmmulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Complete Sentence, Flash Cards.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:58
Last Modified: 21 Feb 2023 07:58
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1820

Actions (login required)

View Item View Item