Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA SDN 17 Rejang Lebong

Widjayanti, Rizky and Harmi, Hendra and Khair, Ummul (2018) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA SDN 17 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA SD.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA SDN 17 Rejang lebong. Adapun permasalahan pada penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA di SDN 17 Rejang Lebong cenderung menggunakan model pembelajaran yang konvensional metode terdahulu seperti metode ceramah, tanya jawab dan lain-lain yang lebih menekankan guru yang lebih aktif sehingga membuat para peserta didik merasa jenuh. Dalam proses pembelajaran IPA dilaksanakan guru hanya didalam kelas saja, dimana pengetahuan siswa hanya bersumber dari dari buku tanpa memperlihatkan sesuatu yang real dalam proses pembelajaran, pemberian materi masih secara abstrak belum dikaitkan dengan pengalaman para peserta didik itu sendiri. Sehingga pembelajaran yang dilaksanakan kurang bermakna bagi siswa. Sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar pada pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Exsperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN 17 Rejang Lebong yang berjumlah 22 siswa. Dari populasi tersebut seluruhnya akan digunakan sebagai sampel hal ini disebabkan karena populasi kurang dari 100. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis pilihan ganda mata pelajaran IPA. Sedangkan tehnik analisis data menggunakan uji t (t-test). Kesimpulan hasil penelitian adalah : pertama, menunjukkan bahwa aktivitas guru maupun siswa dalam Discovery Learning adalah baik, hanya beberapa siswa yang tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kedua, hasil belajar yang didapatkan setelah menggunakan Model Discovery Learning yaitu dari data hasil perhitungan tes siswa didapatkan data sebanyak 12 orang memiliki kategori tinggi, 2 orang memiliki kategori sedang dan 8 orang memiliki kategori rendah. Ketiga, pengaruh dalam menerapkan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Pada pelajaran IPA. Berdasarkan hasil analisis menggunakan rumus korelasi procut moment diperoleh rhitung sebesar 0,6322. Setelah data tersebut dikonsultasikan pada rtabel baik pada taraf signifikan 5% sebesar 0,423 maupun taraf signifikan 1% sebesar 0,537, didapat bahwa rhitung lebih besar dari rtabel baik pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1%. Ini menunjukkan bahwa ada pengaruh korelasi yang sedang antara variabel X dan variabel Y. Berdasarkan hasil uji-t setelah dikonsultasikan ke ttabel diperoleh kesimpulan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,85 > 2,09.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Widjayanti, RizkyUNSPECIFIED
Harmi, HendraUNSPECIFIED
Khair, UmmulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:58
Last Modified: 21 Feb 2023 07:58
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1816

Actions (login required)

View Item View Item