Peningkatan Kemampuan Belajar Anak melalui penerapan Metode Tebak Kata dalam Pembelajaran PKN pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Ujan Mas

Syaftilalovefa, Repa and Susilawati, Susilawati and Rian Oktori, Agus (2019) Peningkatan Kemampuan Belajar Anak melalui penerapan Metode Tebak Kata dalam Pembelajaran PKN pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Ujan Mas. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR ANAK MELALUI PENERAPAN METODE TEBAK KATA DALAM PEMBELAJARAN PKN PAD.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan yang telah dilakukan peneliti dalam mata pelajaran PKN pada siswa kelas IV di SD Negeri 01 Ujan Mas dimana pada kelas tersebut hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKN masih sangat rendah. Hal ini disebabkan dalam proses pembelajaran dikelas masih belum menyenangkan bagi siswa, dalam proses pembelajaran siswa masih banyak yang kurang aktif dan siswa belum terlibat banyak dalam belajar kecuali menulis dan latihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan belajar anak terhadap mata pelajaran PKN pada kelas IV di SD Negeri 01 Ujan Mas dengan penerapan metode tebak kata. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindak kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 3 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 01 Ujan Mas yang berjumlah 16 orang terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, rendahnya kemampuan belajar siswa kelas IV SDN 01 Ujan Mas yang terlihat pada hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKN pada materi sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan yaitu (1) tidak tepat dalam menyebutkan empat lembaga yang ada dipemerintahan, (2) kurang memahami tugas-tugas kepala desa, (3) tidak memahami fungski LKMD. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan belajar anak dengan penerapan metode tebak kata dapat meningkatkan kemampuan belajar dari siklus I, II, dan III. Dari hasil analisis data kemampuan dan ketuntasan belajar siswa kelas IV SDN 01 Ujan Mas siklus 1 persentase ketuntasan sebesar 37,5%. Pada siklus II sudah ada peningkatan dari siklus I, walau masih ada beberapa siswa yang belum mencapai KKM. Persentase ketuntasan pada siklus II sebesar 68,75%. Pada siklus III sudah sangat meningkat dan mencapai tuntas dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tebak kata dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran PKN materi sistem pemerintahan desa dan pemerintahan kecamatan kelas IV SDN 01 Ujan Mas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Syaftilalovefa, RepaUNSPECIFIED
Susilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
Rian Oktori, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Tebak Kata dan Pembelajaran PKN
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:58
Last Modified: 21 Feb 2023 07:58
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1808

Actions (login required)

View Item View Item