Penerapan Metode Bamboo Dance untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 12 Reajang Lebong

Agustina, Ratika and Ratnawati, Ratnawati and Mina Putra, Muksal (2019) Penerapan Metode Bamboo Dance untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 12 Reajang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Ratika Agustina Nim. 15591034 Prodi. PGMI.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang ada di SDN 12 Rejang Lebong yaitu pada saat pembelajaran berlangsung peserta didik cenderung asik sendiri dalam mengikuti pelajaran IPS karena pelajaran yang disampaikan oleh guru kurang bervariasi sehingga membuat proses pembelajaran yang berlangsung monoton, sehingga peserta didik cepat bosan dan pasif dalam hal mengikuti pembelajaran yang berlangsung, Bisa dilihat dari ketuntasan pada mata pelajaran IPS minimal 70, sedangkan yang diperoleh siswa dalam materi letak geografis masih banyak siswa memperoleh nilai dibawah KKM. Dari daftar nilai ujian akhir semester 1 kelas V SDN 12 Rejang Lebong yang tuntas hanya 60% sedangkan yang belum tuntas 40%. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas yaitu dengan metode Kurt lewin. Penelitian tindakan kelas adalah salah satu rangkaian langkah yang terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Bamboo Dance pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil konsep pemahaman siswa dikelas V SDN 12 Rejang Lebong. Hal ini terbukti berdasarkan hasil nilai rata-rata yang diperoleh dari prasiklus sebanyak 58,78% pada siklus pertama sebanyak 67,27% dari 33 siswa terdapat 20 orang sudah mencapai KKM dan 13 siswa belum berhasil mencapai KKM, kemudian pada siklus kedua telah menampakkan hasil yang sangat baik, terbukti 76,96% siswa yang mendapat nilai diatas KKM 29 siswa dan hanya 4 siswa di bawah KKM. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa metode Bamboo Dance dapat meningkatkan pemahaman pada siswa dalam mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Agustina, RatikaUNSPECIFIED
Ratnawati, RatnawatiUNSPECIFIED
Mina Putra, MuksalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Bamboo Dance, Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:58
Last Modified: 21 Feb 2023 07:58
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1806

Actions (login required)

View Item View Item