Analisis Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa Kelas V di SDN 08 Rejang Lebong

Musti, Rosalina Evan and Susilawati, Susilawati and Gunawan, Guntur (2021) Analisis Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa Kelas V di SDN 08 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
ANALISIS GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS V DI SDN 08 REJANG LEBONG.pdf - Accepted Version

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang yang ada dalam penelitian ini program Gerakan Literasi Sekolah merupakan program diciptakan oleh pemerintah pusat dibawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, banyak masyarakat yang tidak bisa membaca/menulis, dengan adanya program tersebut diharapkan dapat memberantas buta huruf dan dapat meningkatkan serta menumbuhkan minat membaca siswa. Penelitian ini berfokus pada gerakan literasi sekolah, minat membaca siswa kelas V, dan kendala program GLS dalam menumbuhkan minat membaca kelas V di SDN 08 Rejang Lebong. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui program GLS dalam menumbuhkan minat membaca kelas V, untuk mengetahui minat membaca kelas V dan mengetahui bagaimana mengatasi kendala program GLS dalam menumbuhkan minat membaca kelas V di SDN 08 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Tempat penelitian ini dilakukan di SDN 08 Rejang Lebong, subjek penelitian adalah kepala sekolah, wali kelas V, 1 staf perpustakaan, 2 guru mata pelajaran umum, dan 25 siswa kelas V dijadikan sebagai informan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca yang ada di SDN 08 rejang Lebong sebelumnya masih dikategorikan sedang, walaupun program GLS telah diterapkan. Adapun program GLS yang diterapkan SDN 08 Rejang Lebong, dengan 3 tahap yaitu tahap pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran, yang merupakan upaya untuk menumbuhkan minat membaca siswa. Salah satu untuk mengetahui peningkatan dalam menumbuhkan minat membaca dapat dilihat dari lembar penilaian literasi siswa kelas V. Lalu adapun minat baca yang ada di kelas V dikatakan sedang hal ini bisa dilihat dan dibuktikan dengan hasil catatan peminjaman buku dipojok baca. lalu adapun kendala yang menghambat program ini yaitu kurangnya perlengkapan perpustakaan dan pengkondisian kelas serta cara mengatasinya. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa program GLS sudah maksimal dan hasil minat membaca siswa sudah meningkat 75% dan seimbang sejalan dengan program tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Musti, Rosalina EvanUNSPECIFIED
Susilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
Gunawan, GunturUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca Siswa
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:58
Last Modified: 21 Feb 2023 07:58
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1805

Actions (login required)

View Item View Item