Pengaruh Turnamen Belajar terhadap pemahaman Konsep pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di SDN 113 Rejang Lebong

Winarti, Puji Laras and Ratnawati, Ratnawati and Mutia, Mutia (2019) Pengaruh Turnamen Belajar terhadap pemahaman Konsep pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di SDN 113 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENGARUH TURNAMEN BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SDN.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang yang terdapat dalam penelitian ini adalah siswa yang kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran karena hanya mendengar apa yang disampaikan oleh guru saat penyajian materi pelajaran atau kurang bervariasinya strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru saat pembelajaran berlangsung sehingga ketika siswa ditanya oleh guru hanya beberapa siswa saja yang memahami atau yang bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu diperlukan salah satu solusi yaitu dengan adanya turnamen belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan turnamen belajar terhadap pemahaman konsep, bagaimana pemahaman konsep siswa, dan mengetahui adakah pengaruh turnamen belajar terhadap pemahaman konsep pada mata pelajaran Matematika kelas V di SDN 113 Rejang Lebong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design yaitu dengan melakukan (pretest) lalu dikenakan perlakuan (treatment) kemudian dilakukan tes akhir (posttest). Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) dalam pelaksanaan turnamen belajar terhadap pemahaman konsep pada mata pelajaran matematika kelas V di SDN 113 Rejang Lebong pada pada pertemuan pertama menunjukkan bahwa aktivitas guru maupun siswa dalam turnamen belajar adalah cukup sedangkan pada pertemuan kedua adalah baik. (2) pemahaman konsep siswa setelah menggunakan turnamen belajar yaitu siswa yang memiliki pemahaman konsep kategori tinggi sebanyak 12 orang, siswa yang memiliki pemahaman konsep kategori sedang sebanyak 2 orang, dan siswa yang memiliki pemahaman konsep kategori rendah sebanyak 15 orang. (3) berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh t_(hitung )sebesar 10,90 dan diketahui bahwa t_(hitung ) lebih besar dari t_tabel ( 2,05 < 10,90 ≥ 2,76 ) sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara turnamen belajar terhadap pemahaman konsep pada mata pelajaran Matematika kelas V di SDN 113 Rejang Lebong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Winarti, Puji LarasUNSPECIFIED
Ratnawati, RatnawatiUNSPECIFIED
Mutia, MutiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Turnamen Belajar, Pemahaman Konsep
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:57
Last Modified: 21 Feb 2023 07:57
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1801

Actions (login required)

View Item View Item