Pelaksanaan Pembelajaran Daring Guru pada Masa Covid 19 di Sekolah Dasar Negeri 03 Bermani Ilir

Imanica, Darsi and Warlizasusi, Jumira and Putrajaya, Guntur (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Daring Guru pada Masa Covid 19 di Sekolah Dasar Negeri 03 Bermani Ilir. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING GURU PADA MASA COVID 19 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 03 BERMANI ILIR.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Abstrak: Dalam pelaksanaan pembelajaran daring tentu dilakukan dengan menggunakan jaringan internet menggunakan IT seperti Handphone, aplikasi, data/wifi dan jaringannya. Pada pelaksanaan pembelajaran daring tentu adanya faktor penghambat dan faktor pendukung yang akan mempengaruhi proses dan hasil belajar. Maka guru sangat di tuntut untuk kreatif dalam keberlangsungan pelaksanaan pembelajaran daring agar tetap mencapai tujuan yang telah terencana. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yakni menguraikan, menggambarkan, memaparkan, atau menjelaskan seluruh data yang ada. subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di Sekolah Dasar Negeri 03 Bermani Ilir. Pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan lebih banyak uraian dari hasil wawancara dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh akan di analisis serta diuraikan dalam bentuk deskriptif. Analisis data kualitatif dilakukan secara intraktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Aktivitas dalam analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: pelaksanaan pembelajaran daring adalah pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dengan cara guru memberikan materi pembelajaran, tugas-tugas terhadap siswa menggunakan handphone, aplikasi, data, dan jaringan. Dan ada pula yang guru memberikan tugas dengan cara di print atau foto copy kemudian siswa mengambil ke sekolah, setelah itu tugas siswa akan di kumpulkan ke sekolah sesuai jadwal kelasnya masing-masing. Faktor penghambat dari pelaksanaan pembelajaran daring yaitu: (1) kurangnya minat belajar siswa, (2) kurangnya perhatian, pengawasan dan bimbingan orang tua siswa untuk belajar, (3) ekonomi orang tua siswa yang mayoritas rendah, (4) tidak semua siswa dan guru mahir menggunakan handpone dan aplikasi, (5) jaringan dan sinyal yang tidak stabil. Sedangkan faktor pendukung dari pelaksanaan pembelajaran daring yaitu: (1) adanya handpone, (2) kerja sama siswa, wali siswa dan guru, (3) adanya komputer dan printer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Imanica, DarsiUNSPECIFIED
Warlizasusi, JumiraUNSPECIFIED
Putrajaya, GunturUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran Daring
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:57
Last Modified: 21 Feb 2023 07:57
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1798

Actions (login required)

View Item View Item