Implementasi Model Student Facilitator and Explaining Sebagai Upaya Meningkatkan Aspek Ranah Kognitif pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDI Karang Anyar Curup Timur

Niswah, Choirun and Warlizasusi, Jumira and Baryanto, Baryanto (2021) Implementasi Model Student Facilitator and Explaining Sebagai Upaya Meningkatkan Aspek Ranah Kognitif pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDI Karang Anyar Curup Timur. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
IMPLEMENTASI MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN ASPEK RANAH KOGN.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilaksanakan di SDI Karang Anyar Curup Timur, observasi awal yang di dapat bahwa guru tidak menggunakan suatu model pembelajaran yang bervariasi, guru kurang variatif dalam menciptakan media pembelajaran, pembelajaran bersifat konvensional sehingga hasil belajar IPA ( Ilmu Pengetahuan Alam) siswa masih rendah, terbukti dari nilai ujian harian dan MID semester dengan jumlah 22 orang, yang mendapat nilai di bawah KKM (75) sebanyak kurang lebih hanya 12 siswa yang tuntas dari 22 siswa. Dengan adanya hal tersebut kemudian peneliti mengadakan Penelitian Tindakan Kelas dengan judul Implementasi Model Student Facilitator and Explaining Sebagai Upaya Meningkatkan Aspek Ranah Kognitif Pada Pembelajaran IPA di Kelas V SDI Karang Anyar, Curup Timur. Tujuan penelitian ini agar siswa memahami pembelajaran IPA sehingga dapat meningkatkan aktivitas guru dan aspek ranah kognitif siswa. Metode Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (Classroom action research. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu: pada prasiklus rata-rata siswa memperoleh nilai rata-rata 6,72 dengan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 59,09%, meningkat pada siklus I dengan rata-rata nilai siswa sebesar 6,90 dengan persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 77,27 %, pada siklus II rata-rata siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata 7,5 dan ketuntasan belajar klasikal 86,36%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan Model Student Facilitator and Explaining dalam pembelajaran IPA, dapat meningkatkan aspek ranah kognitif siswa di kelas V SDI Karang Anyar, Curup Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Niswah, ChoirunUNSPECIFIED
Warlizasusi, JumiraUNSPECIFIED
Baryanto, BaryantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Facilitator and Explaining, pembelajaran IPA
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:57
Last Modified: 21 Feb 2023 07:57
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1797

Actions (login required)

View Item View Item