Sundari, Puja and Azwar, Beni and Aprilia, Rosety (2019) Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru Dengan Pendidikan Karakter Siswa Kelas V Se MI Curup Utara. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS V Se MI CURUP UTARA KABUPATEN REJANG LEBONG.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
Kompetensi kepribadian guru merupakan kemampuan kepribadian guru yang disiplin, jujur dan adil, berakhlak mulia, mantap, dewasa, arif dan penyabar, dan memiliki rasa percaya diri. Sedangkan pendidikan karakter adalah segala sesuatu yang dilakukan guru yang mampu mempengaruhi karakter peserta didik. Namun berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan ditemukan gejala yang berkaitan dengan kompetensi kepribadian guru terhadap pendidikan karakter siswa. Gejala tersebut adalah masih ada siswa yang kurang kreatif dalam membuat karya seninya untuk ditampilakan di depan kelas, siswa masih sering tidak menghargai waktu, masih ada yang sering menyontek dengan teman nya dan kurang jujur dalam belajar, sulit patuh kepada guru yang bukan wali kelasnya, suka tidak tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan oleh gurunya, masih ada yang suka mengganggu sesama teman mereka sendiri, masih ada yang tidak dapat menyelesaikan tugas mereka dengan baik. Oleh karena itu, penulis ingin mengangkat permasalahan tersebut kedalam sebuah penelitian yang berjudul : Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru Dengan Pendidikan Karakter Siswa Kelas V Se MI Curup Utara Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan pendekatan kuantitatif. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan dokumentasi dan kuisioner atau angket. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel X (Kompetensi Kepribadian Guru) dan variabel Y (Pendidikan Karakter). Untuk mengetahui kedua data itu penulis menggunakan angket, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan rumus Product Moment. Hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,90 lebih besar pada taraf signifikan 1% 0,2396 dan 5% 0,2028. Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru dengan pendidikan karakter siswa kelas V se MI Curup Utara Kabupaten Rejang Lebong.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Kepribadian Guru, Pendidikan Karakter. | ||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mrs yuni hartini | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:57 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:57 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1796 |
Actions (login required)
View Item |