Analisis Metode Outdoor Dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 77 Rejang Lebong

Bahari, Martha Lia and Taqiyudin, Muhammad and Misriani, Agita (2022) Analisis Metode Outdoor Dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 77 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
MARTA LIA BAHARI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya cara melaksanakan metode ice breaking ketika pembelajaran outdoor dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya, serta kendala dalam mengoptimalkan pembelajaran seni budaya dan prakarya melalui metode outdoor di kelas IVB Sekolah Dasar Negeri 77 Rejang Lebong Pada metode penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif dengan subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IVB, siswa-siswi kelas IVB di Sekolah Dasar Negeri 77 Rejang Lebong. Dalam proses penelitian ini, peneliti menggunakan teknik obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam teknik analisi data di sini peneliti mengunakan reduksi data, penyaian data, dan penarikan kesimpulan.. Dari penelitian ini menunjukkan hasil pertama, pembelajaran seni budaya dan prakarya di kelas IVB Sekolah Dasar Negeri 77 Rejang Lebong sudah berjalan baik dan optimal, karena adanya metode outdoor menggunakan ice breaking, dan juga dilihat dari antusias siswa mengikuti pembelajaran dan meningkatnya hasil belajar siswa. Kedua cara melaksanakan metod ice breaking dalam mengoptimalkan pembelajaran seni budaya dan prakarya yaitu dilakukan dengan teknik spontan seperti tepuk tangan, kalimat indah penuh makna tebak-tebakan, humor, bernyanyi, menari dan yel-yel, teknik yang direncanakan menggunakan metode ice breaking ini sudah benar tersusun dan pelaksanaannya sudah terancang. Telah dipetakan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), seperti permainan games soal, pertunjukan. Ketiga kendala dalam pengoptimalisasian pembelajaran seni budaya dan prakarya melalui ice breaking kurangnya antusias siswa dalam belajar, karakteristik siswa yang berbeda-beda, pengaruh teman sebaya, kurangnya kemampuan guru dalam menciptakan yang menarik Kata kunci : Analisi Metode Outdoor dalam Pembelajaran Seni Budaya dan Prakrya

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Bahari, Martha LiaUNSPECIFIED
Taqiyudin, MuhammadUNSPECIFIED
Misriani, AgitaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:57
Last Modified: 21 Feb 2023 07:57
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1794

Actions (login required)

View Item View Item