Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Roundtable Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 58 Rejang Lebong, 2019

Anggraini, Popi and Azwar, Beni and Mutia, Mutia (2019) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Roundtable Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 58 Rejang Lebong, 2019. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUNDTABLE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BE.pdf - Accepted Version

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yaitu kurangnya pemahaman siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengatahuan Alam tentang pesawat sederhana. Rendahnya pemahaman konsep siswa disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya model pembelajaran yang dipakai dalam pengajaran kurang sesuai dengan materi yang diajarkan dan model pembelajaran yang masih konvensional sehingga menimbulkan kejenuhan, kebosanan dan menurunkan minat belajar siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalahnya bagaimana pelaksanaan dan pemahaman konsep belajar IPA sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Roundtable. Yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan pemahaman konsep belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Roundtable. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau (Classroom Action Research). Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Roundtable dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahapan dari perencanaan, pelaksannan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 58 Rejang Lebong, berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi. Berdasarkan rumusan masalah yang telah dirumuskan, hasil penelitian dengan model pembelajaran kooperatif tipe Roundtable dapat meningkatkan pemahaman belajar IPA siswa, hal ini dibuktikan dari presentase ketuntasan sebelum digunakan model pembelajaran kooperatif tipe Roundtable pada pra siklus diperoleh sebesar 40% dan pada siklus II sebesar 85%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Anggraini, PopiUNSPECIFIED
Azwar, BeniUNSPECIFIED
Mutia, MutiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tipe Roundtable, Pemahaman Konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:57
Last Modified: 21 Feb 2023 07:57
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1793

Actions (login required)

View Item View Item