Pengaruh Latar Belakang Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDIT Rabbi Radhiyyah 01 Rejang Lebong

Mahfira, Lili Qadriani and Azwar, Beni and Putri, Dini Palupi (2021) Pengaruh Latar Belakang Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDIT Rabbi Radhiyyah 01 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENGARUH LATAR BELAKANG STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDIT RABBI RADHIYYAH 01 R~1.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakang oleh status sosial ekonomi keluarga yang mana latar belakang sosial mereka berbeda satu dengan yang lainnya karena ekonomi orang tua mereka juga berbeda, hal ini disebabkan karena setiap pekerjaan orang tua masing-masing siswa berbeda, dari situlah pekerjaan orang tua yang berbeda-beda dan perhatian orang tua terhadap anaknya kurang baik maka anak-anak kurang termotivasi untuk belajar dengan rajin. Berdasarkan alasan tersebut maka tujuan dari penelitian yaitu pengaruh latar belakang status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa di Kelas V SDIT Rabbi Radhiyyah 01 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah kelas V SDIT Rabbi Radhiyyah 01 Rejang Lebong yang berjumlah 91 orang. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah 48 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti menggunakan rumus Slovin adalah t-tes satu sampel untuk variabel X dan variabel Y, untuk mencari korelasi antara variabel X dan variabel Y menggunakan rumus korelasi product moment kasar dan untuk mengetahui pengaruh menggunakan teknik regresi sederhana. Dari hasil penelitian didapat kesimpulan sebagai berikut: tingkat latar belakang status sosial ekonomi orang tua sudah berada pada taraf yang baik yaitu dengan perolehan uji t-test sebesar 12,74 begitu juga dengan motivasi belajar berada pada taraf yang baik dengan perolehan 16,29 dan data yang diperoleh setelah diolah ternyata membuktikan bahwa terdapatnya pengaruh yang signifikan Berdasarkan uji regresi linier sederhana status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDIT RR 01 Rejang Lebong diperoleh nilai koefisien Regresi R= 0.482 serta nilai F = 27,590 dengan sig= 0.000. Sehingga dari data tersebut maka hipotesis diterima. Penelitian ini mendapat sumbangan efektif R2 = 0.672 yang menunjukan adanya 67.2% variabel Latar Belakang Status Sosial Ekonomi Orang Tua di Kelas V SDIT Rabbi Radhiyyah 01 Rejang Lebong dipengaruhi oleh motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Mahfira, Lili QadrianiUNSPECIFIED
Azwar, BeniUNSPECIFIED
Putri, Dini PalupiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Latar Belakang Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Motivasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:56
Last Modified: 21 Feb 2023 07:56
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1784

Actions (login required)

View Item View Item