Pemikiran Ibnu Khaldun Tentang Pendidikan dan Relevansinya terhadap Pendidikan Anak di Era New Normal

Sesaria, Leri Melani and Amda, Ahmad Dibul and Putri, Dini Palupi (2021) Pemikiran Ibnu Khaldun Tentang Pendidikan dan Relevansinya terhadap Pendidikan Anak di Era New Normal. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PEMIKIRAN IBNU KHALDUN TENTANG PENDIDIKAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK DI ERA NEW NO.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara yang telah menerapkan kebiasaan hidup baru atau new normal. New normal telah menjadi bagian dari aktifitas baru dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan merupakan salah satu sektor yang menerapkan new normal. Adaptasi sektor pendidikan di Indonesia dalam menghadapi kenormalan baru terlihat dari panduan penyelenggaraan pembelajaran dalam masa pandemi Covid-19 yang dipaparkan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri. Ibnu Khaldun merupakan salah satu ilmuan muslim terhebat dan besar pada masanya. Ibnu Khaldun juga merupakan seorang ahli yang handal dalam bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran Ibnu Khaldun tentang pendidikan dan relevansinya terhadap pendidikan di era new normal. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kepustakaan atau library research yang menggunakan pendekatan deskriptif dengan lebih menekankan pada kekuatan analisis sember-sumber data dan data-data yang ada. Sumber data primer dalam penelitian ini ialah buku mukaddimah karya Ibnu Khaldun, buku Pemikiran Pendidikan Islam Ibnu Khaldun: Kritis, Humanis dan Religius karya Muhammad Kosim dan buku Mazhab pendidikan islam kajian pemikiran ibn khaldun karya Dhiauddin & Nuruzzahri. Sumber data sekunder dalam penelitian ini ialah buku Pemikiran Pendidikan Islam karya Abu Muhammad Iqbal, buku Pemikiran Emas Para Tokoh Pendidikan Islam karya Yanuar Arifin, buku Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam karya Syamsyul Kurniawan & Erwin Mahrus dan buku New Normal Era Dalam Berbagai Aspek Kehidupan karya Rosanita Tritias Utami Dkk. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendidikan menurut Ibnu Khaldun merupakan proses belajar mengajar yang tidak dibatasi oleh dinding kelas, bukan pula transfer ilmu pengetahuan dari guru ke murid, melainkan suatu proses aktif dan kreatif yang dilakukan oleh siswa yang secara sadar menangkap, menyerap, dan menghayati peristiwa-peristiwa alam sepanjang zaman. Pemikiran pendidikan menurut Ibnu Khaldun tentang pendidikan masih relevan di gunakan di era new normal sekarang ini. Hal ini bisa kita lihat dari kesesuaian antara teori pendidikan menurut Ibnu Khaldun dengan pendidikan di era new normal sekarang ini. Hanya saja yang membedakan di masa ibnu khaldun belum menerapkan pendekatan pembelajaran e-learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sesaria, Leri MelaniUNSPECIFIED
Amda, Ahmad DibulUNSPECIFIED
Putri, Dini PalupiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ibnu Khaldun, New Normal, Pendidikan
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:56
Last Modified: 21 Feb 2023 07:56
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1779

Actions (login required)

View Item View Item