Lestari, Iga and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Baryanto, Baryanto (2021) Implementasi Media Plastisin pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN 08 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
IMPLEMENTASI MEDIA PLASTISIN PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 08 REJANG LEBONG.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
Abstract
Abstrak: Latar belakang penelitian ini adalah media Plastisin ini diterapkan pada mata pelajaran IPA materi organ tubuh manusia yang dilakukan oleh guru dalam memotivasi siswa supaya siswa menjadi aktif, kreatif dan dapat memahami pelajaran. Dengan kemampuan guru yang kurang dalam mengelola kelas sehingga implementasi media plastisin penyelesaiannya tidak tepat dengan waktu yang telah ditentukan. Maka dari itu tujuan penelitian ini guna untuk mengetahui bagaimana implementasi media plastisin dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi media plastisin pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 08 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dan berdasarkan data yang diperoleh tersebut peneliti analisis menggunakan analisis deskriptif, yaitu dengan mendeskripsikan atau menggambarkan apa adanya hasil temuan di lapangan terkait implementasi media plastisin pada mata pelajaran IPA. Dalam pengimplementasian media plastisin guru menyusun strategi dan menyiapkan suatu perencanaan yang matang agar pelaksanaannya tidak keluar dari apa yang telah diharapkan Guru menyusun strategi berdasarkan pengalaman baik mengenai keberhasilan atau kegagalan pada kegiatan proses belajar mengajar, dan menyiapkan suatu perencaan yang matang seperti menyiapkan silabus, RPP, materi, dan evaluasi, media plastisin dan metode pendekatan keterampilan proses yang mana siswa akan melakukan pengamatan melalui bereksperimen, mengidentifikasi, membuat sebuah pernyataan dan menyampaikan hasil yang diperolehnya. Faktor pendukung media plastisin ini adalah Plastisin merupakan benda yang dinilai murah meriah, unik, higenis, konkret, mudah ditemukan, bisa dibuat sendiri, memiliki banyak warna, aman digunakan, tidak menyisakan kotoran, bisa dibentuk menjadi benda sesuai dengan yang diinginkan dan bisa menarik perhatian siswa serta membangkitkan semangat siswa dalam belajar. Faktor penghambat dari penggunaan media plastisin ini yaitu guru tidak terampil dalam mengelola kelas yang mana guru membagikan kelompok dengan jumlah yang besar membuat kelompok tersebut tidak kompak sehingga menimbulkan keributan yang mengakibatkan guru harus lebih ekstra dalam mendampingi dan mengawasi siswa dalam aktivitas belajar mengajar sehingga proses pembelajaran menjadi memakan waktu yang banyak dan penyelesainya tidak tepat dengan waktu yang telah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Media Plastisin, Mata Pelajaran IPA | ||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > Q Science (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mrs hasni hartati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:56 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:56 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1770 |
Actions (login required)
View Item |