Analisis Kesulitan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik di Kelas Rendah ( MIS Guppi Tasik Malaya N0. 13 )

Sari, Hesti Purnama and Asha, Lukman and Khair, Ummul (2018) Analisis Kesulitan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik di Kelas Rendah ( MIS Guppi Tasik Malaya N0. 13 ). Diploma thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS RENDAH ( MIS GUPPI TASIK MALAYA NO 13 ).pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Di sekolah Mis Guppi Tasik Malaya No 13 sudah nenerapkan kurikulum k13 dari kelas 1 sampai kelas 6 adapun permasalahan disini adalah kesulitan guru dalam menerapkan pembelajaran tematik di kelas rendah peneliti melakukan penelitian di kelas 2. Penelitian ini dilakukan karena banyak masalah yang di hadapi guru dalam menerapkan pembelajaran tematik memerlukan guru yang kreatif baik dalam menyiapkan kegiatan pengalaman belajar bagi anak,sebagai guru juga dalam memilih kompetensi dari berbagai mata pelajaran dan mengaturnya agar pembelajaran menjadi lebih bermakna terutama di sekolah dasar. namun pada kenyataannya dilapanganguru masih kesulitan dalam menerapkan pembelajaran tematik. Masalah penelitian adalah Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas III Mis Guppi Tasik Malya Apa saja yang menyebabkan kesulitan guru dalam menerapkan pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami guru di kelas rendah dalam menerapkan pembelajaran tematik. Subjek penelitian adalah guru kelas 2 jenis penelitian kualitatatif. Selanjutnya untuk mendapatkan kesimpulan dari kajian ini di gunakan metode kualitatif yaitu melalui Observasi, wawancara, dan dokumentasi. dengan teknik pengumpulan data di lakukan reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas rendah, pelaksanaan pembelajaran tematik pada kelas rendah di Mis Guppi Tasik Malaya No 13 kesulitan guru dalam menerapkan pembelajaran tematik. Guru kelas awal masih merasa kesulitan dalam pembuatan perangkat pembelajaran menyajikan konsep dari berbagai mata pelajaran dalam satu tema Keterbatasan pengetahuan guru mengenai penerapan model pembelajaran tematik.Upaya yang di lakukan guru dan sekolah untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan menghubungkan mata pelajaran dibuku pegangan yang masih ada mata pelajaran dan bertanya dengan guru kelas bawah yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Sari, Hesti PurnamaUNSPECIFIED
Asha, LukmanUNSPECIFIED
Khair, UmmulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis; Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2019 12:15
Last Modified: 19 Oct 2019 12:15
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/177

Actions (login required)

View Item View Item