Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 22 Rejang Lebong

Yulianti, Eliza Tri and Mustar, Saidil and Arsil, Arsil (2018) Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 22 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
skripsi eliza tri yulianti.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 22 Rejang Lebong. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: bagaimana kondisi fasilitas belajar di SMPN 22 Rejang Lebong? Bagaimana kondisi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMPN 22 Rejang lebong? Apakah ada pengaruh fasilitas belajar terhadap pretasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMPN 22 Rejang Lebong? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fasilitas belajar siswa, untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran dan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap pretasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMPN 22 Rajang Lebong. Fasilitas belajar adalah penunjang belajar siswa untuk memudahkan dan melancarkan kegiatan belajar disekolah maupun dirumah. Fasilitas belajar IPA adalah alat-alat laboratorium IPA untuk pratikum/eksperimen. Prestasi belajar merupakan proses perubahan tingkah laku pada diri individu yang diubah melalui praktek, latihan dan pengalaman individu itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana fasilitas belajar pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 22 Rejang Lebong, untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 22 Rejang Lebong dan membuktikan bahwa Fasilitas belajar memberikan pengaruh terhadap Prestasi belajar pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 22 Rejang Lebong. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMP Negeri 22 Rejang Lebong yang berjumlah 74 orang. Dalam pengumpulan data digunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data dalam penelitian ini adalah t-test satu sampel dan koreasi kontingensi C. Kesimpulan dari penelitian ini meliputi: pertama, fasilitas belajar berada pada kategori “sedang atau baik”. Kedua, prestasi belajar berada pada kategori “sedang atau baik”. Ketiga, terdapat pengaruh antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 22 Rejang Lebong. Dari hasil penelitian setelah menggunakan rumus kontingensi C, diperoleh ϕ sebesar 0,3190 lebih besar dari rtabel taraf 5% dan 1% (0,3190 > 0,2287 dan 0,2977). Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 22 Rejang Lebong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Yulianti, Eliza TriUNSPECIFIED
Mustar, SaidilUNSPECIFIED
Arsil, ArsilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Belajar Siswa, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:55
Last Modified: 21 Feb 2023 07:55
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1769

Actions (login required)

View Item View Item