Nanik, Nanik and Rahman, Abdul and Wahyuningsih, Wiwin Arbaini (2021) Pengaruh Strategi Pembelajaran Realistic Matematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IIIB MIN 04 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
NANIK.pdf - Accepted Version Download (0B) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar matematika siswa disebabkan oleh banyaknya kendala yang dihadapi oleh siswa dalam proses belajar mengajar disekolah. Salah satu dari kendala tersebut adalah sulitnya memecahkan suatu masalah yang diberikan guru, khususnya mata pelajaran matematika karena pelajaran ini dianggap mata pelajaran yang paling sulit. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan pada 16 Juli 2020 di sekolah tingkat dasar tepatnya MIN 04 Rejang Lebong kelas IIIB, ditemukan beberapa masalah yang menyangkut matematika di mana pada mata pelajaran matematika dinilai sebagai mata pelajaran yang cukup sulit untuk dipahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Realistics Mathematics Education (RME) pada siswa kelas IIIB MIN 04 Rejang Lebong setelah direalisasikannya metode tersebut di dalam kelas. Jenis penelitian ini berupa penelitian kuantitatif dengan melalui strategi pembelajaran Realistic Matematics Education (RME). Jenis data yang digunakan didalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan data skunder. Adapun subjek penelitian ini yaitu tertuju pada kelas IIIB. Teknik pengumpulan data adalah berupa tehnik tes. Teknik analisis data yaitu Menentukan Nilai Rata-rata dan Simpangan Baku, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis, Validitas, Uji Reliabilitas, Daya Pembeda, Tingkat Kesukaran. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada pengaruh strategi Realistics Matematics Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa kelas IIIB MIN 04 Rejang Lebong. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen sebesar 75,03 dan kelas control sebesar 69,5.Setelah dianalisis dengan menggunakan rumus uji kesamaan dua rata-rata menunjukkan bahwa nilai thitung >ttabel (3,02 > 1,67) sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yaitu rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih dari kelas kontrol. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini terbukti kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Realistic Matematics Education (RME), Pemecahan Masalah | ||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mrs hasni hartati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:55 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:55 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1761 |
Actions (login required)
View Item |