Implementasi Program Sekolah Ramah Anak dalam Membentuk Budaya Sekolah di MIS GUPPI 12 Lubuk Kembang

Melinda, Liza Putri and Warlizasusi, Jumira and Khair, Ummul (2021) Implementasi Program Sekolah Ramah Anak dalam Membentuk Budaya Sekolah di MIS GUPPI 12 Lubuk Kembang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
LIZA PUTRI MELINDA (16591036).pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Kurangnya pemahaman guru, murid ataupun orang tua akan hak-hak yang seharusnya terlaksanakan. Sehingga munculnya tindakan diskriminatif dan kekerasan baik itu pada siswa maupun guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program Sekolah Ramah Anak di Mis Guppi 12 Lubuk Kembang, membentuk Budaya Sekolah Mis Guppi 12 Lubuk Kembang, implementasi program Sekolah Ramah Anak dalam membentuk Budaya Sekolah Mis Guppi 12 Lubuk Kembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi subyek pada penelitian ini ialah kepala sekolah, guru, staff, dan siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data terdiri dari tiga tahapan, yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, sumber, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Program Sekolah Ramah Anak di Mis Guppi 12 Lubuk Kembang sudah berjalan dengan baik yakni : 1). Berbasis 3P yaitu Provisi, proteksi, dan partisipasi. Provisi yaitu memberikan segala sesuatu yang dibutuhkan anak di sekolah. Provisi sebagai guru yaitu memberikan pelayanan mengajar yang baik dan juga ramah. Sehingga materi tersampaikan dan anak merasa nyaman. 2) Penanaman nilai-nilai karakter sehingga membentuk budaya sekolah seperti Siswa dibiasakan salam dan berjabat tangan ketika ketemu guru dan teman. Pembiasaan bersikap jujur, Menggunakan bahasa daerah minimal satu hari dalam satu minggu. 3) Pihak sekolah berupaya melindungi anak dari kekerasan, program Sekolah Ramah Anak secara khusus berupaya mencegah kekerasan yang dilakukan guru seperti menjewer, memukul, mencubit dan menyakiti fisik pada anak di sekolah. Mewujudkan sekolah yang aman, bersih, sehat, hijau, inklusi dan nyaman dengan membuat siswa datang tepat waktu ke sekolah, mengajak bergotong royong untuk membentuk lingkungan yang bersih dan sehat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Melinda, Liza PutriUNSPECIFIED
Warlizasusi, JumiraUNSPECIFIED
Khair, UmmulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Sekokah Ramah Anak, Budaya Sekolah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:55
Last Modified: 21 Feb 2023 07:55
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1760

Actions (login required)

View Item View Item