Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning oleh Guru Kelas IV SDN 1 BANPRES pada Masa Pandemi Tahun 2020

Sagita, Dinika Ula and Ifnaldi, Ifnaldi and Khair, Ummul (2021) Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning oleh Guru Kelas IV SDN 1 BANPRES pada Masa Pandemi Tahun 2020. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI DINIKA ULA SAGITA (17591033) PGMI.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Kemajuan teknologi dapat dijadikan solusi dalam pendidikan di masa pandemi Covid-19. Pandemi merubah sistem pembelajaran yang semula dilakukan secara konvensional beralih menjadi sistem pembelajaran yang dapat memadukan pembelajaran tatap muka, daring maupun luring atau bisa disebut model pembelajaran blended learning. Blended learning adalah model pembelajaran yang mengkombinasikan pembelajaran tatap muka dan daring dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Sehingga penerapannya dirasa sesuai karena terbatasnya waktu kegiatan pembelajaran tatap muka maka pilihannya menambah waktu belajar dengan melakukan pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran blended learning oleh guru kelas IV SDN 1 Banpres pada masa pandemi tahun 2020 dan hambatan terkait penerapannya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV SDN 1 Banpres. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teori dari Miles and Hubermen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran blended learning oleh guru kelas IV SDN 1 Banpres pada masa pandemi tahun 2020 adalah (1) Kegiatan analisis atau identifikasi, (2) Perencanaan pembelajaran, (3) Pelaksanaan pembelajaran, (4) Penilaian pembelajaran. Meskipun ada tahapan yang belum sepenuhnya memuat blended learning, dalam pelaksanaannya guru sudah memasukkan komponen pembelajaran secara kombinasi tatap muka dan daring dengan waktu yang terpisah dan memaksimalkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Pada setiap tahap penerapan mulai dari analisis, perencanaan, pelaksanaan, serta penilaian memiliki kendala masing-masing mulai dari kendala pada analisis sumber belajar, kesulitan menentukan aplikasi belajar yang efektif, fasilitas yang dimiliki siswa, akses jaringan internet, dan kendala pada siswa yang kesulitan dalam menggunakan platform belajar. Dan tentunya guru memiliki solusi untuk mengatasi kendala-kendala tersebut agar proses pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sagita, Dinika UlaUNSPECIFIED
Ifnaldi, IfnaldiUNSPECIFIED
Khair, UmmulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Blended Learning, Pandemi Tahun 2020
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:55
Last Modified: 21 Feb 2023 07:55
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1751

Actions (login required)

View Item View Item