Pengaruh Ekstrakurikuler IPA Club terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V MIS 05 Darussalam Kepahiang” ini dengan menjadikan “Pedoman Penyusunan Skripsi IAIN Curup 2019

Nengseh, Septia and Susilawati, Susilawati and Putrajaya, Guntur (2019) Pengaruh Ekstrakurikuler IPA Club terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V MIS 05 Darussalam Kepahiang” ini dengan menjadikan “Pedoman Penyusunan Skripsi IAIN Curup 2019. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENGARUH EKSTRAKURIKULER IPA CLUB TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V DI MIS 05 DARUSSALAM KEPAHIANG.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

IPA merupakan salah satu pelajaran yang diajarkan di jenjang pendidikan yang memiliki peran penting dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam kegiatan belajar mengajar, siswa adalah sebagai subjek dan objek dari kegiatan pengajaran proses pengajaran itu adalah kegiatan belajar siswa dalam mencapai suatu tujuan. Pada umumnya siswa menganggap pelajaran IPA pelajaran yang hanya penuh dengan materi dan kurangnya praktek dalam belajar. Dengan demikian semangat siswa juga mengakibatkan kurangnya peningkatan keterampilan proses sains siswa. Salah satu cara yang menarik untuk mengiringi perubahan belajara IPA siswa dengan adanya ekstrakurikuler IPA Club di MIS 05 Darussalam Kepahiang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menguji hipotesis yang telah diajukan. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil populasi sebanyak 83 siswa yaitu seluruh kelas V MIS 05 Darussalam Kepahiang. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 35 siswa yaitu yang mengikuti ekstrakurikuler IPA Club. Instrumen yang digunakan peneliti adalah angket. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan rumus regres sederhana. Berdasarkan hasil data pengaruh ekstrakurikuler IPA Club terhadap keterampilan proses sains siswa kelas V MIS 05 Darussalam Kepahiang terdapat analisis uji-t yang didapat dari hasil perhitungan nilai angket adalah sig. (2-tailed) .000 <0,5. Dan terdapat pengaruh dengan dibuktikannya dari hasil perhitungan regresi sederhana sebesar Y= 61,69 + 0,65x dan dapat dinyatakan ada penambahan ekstrakurikuler IPA Club memberikan peningkatan pada keterampilan proses sains siswa sebanyak 0,65.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nengseh, SeptiaUNSPECIFIED
Susilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
Putrajaya, GunturUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler IPA Club, Keterampilan Proses Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:54
Last Modified: 21 Feb 2023 07:54
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1746

Actions (login required)

View Item View Item