Strategi Guru dalam Melaksanakan Program Tahfidz Al-Qur’an Siswa Kelas V di SDIT Al-Qudwa Musi Rawas

Lestari, Desi Natalia and Rahman, Abdul and Meldina, Tika (2021) Strategi Guru dalam Melaksanakan Program Tahfidz Al-Qur’an Siswa Kelas V di SDIT Al-Qudwa Musi Rawas. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
STRATEGI GURU DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM TAHFIDZ Al-QUR’AN SISWA KELAS V DI SDIT Al-QUDWA MUSI RAWAS.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 pada siswa kelas V di SDIT Al-qudwah Musi Rawas. Strategi yang dilakukan oleh guru tahfidz dengan melaksanakan program tahfidz al-Qur’an di masa pandemi sekarang ini. Strategi guru yang dilakukan dalam melaksanakan program tahfidz agar program tahfidz ini tetap berjalan walaupun terdapat kendala seperti pembelajaran daring. Menuntut guru dan orang tua harus bisa menggunakan handphone atau smarphone untuk menunjang pembelajaran daring. Dalam mengatasi permasalahan ini apa saja strategi yang dilakukan oleh guru dalam melaksanakan program tahfidz al-Qur’an kelas V di SDIT Al-qudwah Musi Rawas dan apa saja faktor yang menjadi pertimbangan strategi guru dalam melaksanakan program tahfidz tersebut. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Teknik penentuan sumber data menggunakan teknik proposive sampling. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah guru Tahfid di SDIT Al-qudwah Musi Rawas. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik derajat kepercayaan, kepastian dan triangulasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu strategi yang dilakukan dalam melaksanakan program tahfidz al-Qur’an ini yaitu manajemen waktu, pemilihan waktu yang tetap dalam menghafal Al-Qur’an, Pemilihan bahan ajar yang sesuai dengan kondisi sekarang, Motivasi dengan adannya motivasi siswa menjadi semangat dalam menghafal al-Qur’an seperti memberikan hadiah yang hafalannya banyak, Evaluasi yang digunakan ada evaluasi daring dan luring. Untuk evaluasi daring itu dilakukan di forum group WhatsApp kelas V. Dengan adannya strategi guru yang dilakukan program tahfidz tetap berjalan dengan baik walaupun masih banyak faktor yang menjadi pertimbangan. Seperti faktor jaringan internet juga faktor kerja sama guru dan orang tua harus tetap terjaga agar anak di rumah dapat semangat menghafal dalam pengawasan orang tua.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Lestari, Desi NataliaUNSPECIFIED
Rahman, AbdulUNSPECIFIED
Meldina, TikaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Program Tahfidz
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:54
Last Modified: 21 Feb 2023 07:54
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1739

Actions (login required)

View Item View Item