Analisis kompetensi kepribadian guru Dalam novel Totto-chan (gadis cilik di jendela) Karya Tetsuko Kuroyanagi

Mentara, Mentara and Harmi, Hendra and Khair, Ummul (2018) Analisis kompetensi kepribadian guru Dalam novel Totto-chan (gadis cilik di jendela) Karya Tetsuko Kuroyanagi. Diploma thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
ANALISIS KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM NOVEL TOTTO-CHAN (GADIS CILIK DI JENDELA) KARYA TETSUKO KUROYANAGI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini guru sedang tajam disoroti oleh masyarakat. Berbagai kasus yang disebabkan oleh kepribadian guru yang kurang baik, sering kita dengar diberita-berita elektronik, maupun surat kabar. Maka dari itu, penting seorang guru memiliki kepribadian yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepribadian seorang guru dalam novel Totto-Chan (Gadis Cilik di Jendela). Karena guru adalah sosok yang menjadi teladan bagi murid-muridnya maka novel tersebut dapat dijadikan referensi untuk meningkatkan kepribadian seorang guru dan merupakan novel pendidikan yang menginspirasi. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah kajian pustaka (library research). Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan semiotik. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data atau informasi dari berbagai sumber pustaka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik baca, catat, pustaka. Teknik analisis data dengan jalan bekerja dengan data itu sendiri. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa kompetensi kepribadin guru yang terdapat dalam novel Totto-chan (Gadis Cilik di Jendela) yaitu kepribadian yang mantap, kepribadian yang berakhlak mulia seperti sabar, ikhlas, menepati janji dan sederhana, kepribadian yang arif, kepribadian yang berwibawa, serta kepribadian yang menjadi teladan bagi peserta didik seperti memberi contoh yang baik, selalu tersenyum, menggunakan kata-kata baik, menegur seseorang yang berbuat kesalahan dan menjaga kebersihan diri dan pakaian. Selain itu, ditemukan juga ketiga kompetensi lainnya yaitu kompetensi pedagogik seperti memahami dan mengembangkan potensi peserta didik, kompetensi sosial seperti mendengarkan dan menghargai peserta didik, dan kompetensi profesional seperti menguasai materi secara luas dan mendalam serta bersikap objektif terhadap peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Mentara, MentaraUNSPECIFIED
Harmi, HendraUNSPECIFIED
Khair, UmmulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian Guru; Novel Totto-Chan Gadis Cilik di Jendela.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 19 Oct 2019 12:15
Last Modified: 19 Oct 2019 12:15
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/173

Actions (login required)

View Item View Item