Pengaruh Implementasi Keterampilan Guru Mengelola Kelompok Kecil terhadap Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri 32 Lebong

Yani, Erma and Susilawati, Susilawati and Syaripah, Syaripah (2020) Pengaruh Implementasi Keterampilan Guru Mengelola Kelompok Kecil terhadap Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri 32 Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENGARUH IMPLEMENTASI KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELOMPOK KECIL TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA.pdf - Accepted Version

Download (364MB)

Abstract

Keterampilan mengelola kelompok kecil di sini bertujuan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa, peneliti memfokuskan kesulitan belajar di sini kesulitan menulis. Pada hakikatnya kesulitan belajar merupakan sebuah permasalahan yang menyebabkan seorang siswa tidak dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik seperti siswa lain pada umumnya yang menyebabkan siswa tersebut tidak mampu untuk mencapai tujuan belajar yang diharapkan. Ibu Kusnianti menyatakan bahwa “siswa akan dikatakan mengalami kesulitan belajar apabila intelegensi yang dimilikinya tergolong rata-rata atau normal, akan tetapi menunjukkan adanya kekurangan dalam proses dan hasil belajar seperti prestasi belajar yang diperolehnya rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan survei lapangan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Total sampling dengan Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 18 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah t-tes satu sampel dan korelasi product moment. Hasil penelitian ini adalah: Dari hasil perhitungan setelah menggunakan rumus product moment, diperoleh r hitung = 0,40 yang lebih besar dari r tabel taraf 5% = 0,38. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Variabel keterampilan guru mengelola kelompok kecil (X) terhadap kesulitan belajar siswa (Y) di SD Negeri 32 Lebong. Sehingga hipotesis dugaan penelitian dapat diterima. Sehingga hasil menunjukkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keterampilan mengelola kelompok kecil dan kesulitan belajar siswa kelas IV di SDN 32 Lebong sehingga hipotesis dengan penelitian dapat diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Yani, ErmaUNSPECIFIED
Susilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
Syaripah, SyaripahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Mengelola Kelompok Kecil dan Kesulitan Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:53
Last Modified: 21 Feb 2023 07:53
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1717

Actions (login required)

View Item View Item