Latifah, Nadila Izmi and Amda, Ahmad Dibul and Putri, Dini Palupi (2021) Implementasi Metode Kontekstual dalam Pengajaran IPA di SD. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
IMPLEMENTASI METODE KONTEKSTUAL DALAM PENGAJARAN IPA DI SD.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran, berbagai masalah yang sering dijumpai diantaranya guru belum sepenuhnya melaksanakan pembelajaran secara aktif dan kreatif, penyampaian materi pembelajaran masih terfokus pada buku teks sehingga hal ini akan mendorong siswa untuk tidak aktif dalam proses belajar selain itu siswa akan tetap terfokuskan dalam menghafal materi setiap kali guru melaksanakan tes atau latihan. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk melihat penerapan metode kontekstual dalam mata pelajaran IPA di SD. Dengan adanya penelitian ini diharapkan pembelajaran tidak lagi hanya terfokus pada buku teks tetapi pengalaman dan kehidupan nyata siswa juga akan membantu siswa dalam menyelesaikan masalah dengan begitu siswa tidak lagi menghafal materi-materi yang sudah diberikan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu library research (kepustakaan) yaitu penelitian dengan menganalisis beberapa sumber dari berbagai situs. Dalam penelitian library research peneliti tidak langsung terjun kelapangan melainkan peneliti cukup mengumpulkan sumber-sumber yang terkait dengan judul penelitian. Penelitian library research dapat dilakukan diperpustakaan, dirumah ataupun tempat lain yang menunjang peneliti dapat menyelesaikan penelitiannya. Adapun peneliti melaksanakan penelitian di perpustakaan IAIN Curup. Dari penelitian disimpulkan bahwa metode pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran IPA cocok digunakan guru dalam proses belajar karena pembelajaran IPA berkaitan dengan alam dan kehidupan sehari-hari siswa, begitu pun dengan metode kontekstual yang berkaitan dengan pengalaman dan kehidupan nyata siswa yang tidak jauh dari lingkungan sekitarnya. Konsep penerapan metode kontekstual siswa harus mengkaitkan antara materi dengan pengalaman atau kehidupan nyata siswa. Adapun komponen metode kontekstual yang dapat digunakan oleh guru yaitu, inkuiri, bertanya, konstruktivis, masyarakat belajar, penilaian otentik, refleksi, dan pemodelan. Pembelajaran IPA lebih ditekankan kepada pendekatan keterampilan proses hingga dapat menemukan fakta-fakta, konsep dan teori-teori. Siswa dituntut bertanggung jawab, bekerja sama, aktif dan berpikir kreatif. Metode kontekstual akan menjadikan pembelajaran lebih bermakna.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode kontekstual, pembelajaran IPA | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mrs hasni hartati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:53 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:53 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1715 |
Actions (login required)
View Item |