Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi dengan Materi Alat Indera Pengecap Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas IV SD Negeri 42 Rejang Lebong

Ansori, Dedi and Susilawati, Susilawati and Gunawan, Guntur (2020) Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi dengan Materi Alat Indera Pengecap Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas IV SD Negeri 42 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
DEDI ANSORI 15592004.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Ilmu pengetahuan Alam (IPA) menjadi mata pelajaran yang diajarkan di bangku SD/MI. Agar pelajaran tersebut dapat disampaikan dengan maksimal maka diperlukan metode belajar tepat yaitu metode belajar simulasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan Metode Simulasi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 SD N 42 Rejang Lebong, 2) Untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan Metode Simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada materi Alat Indra pengecap Kelas IV SD Negeri 42 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan di SD Negeri 42 Rejang Lebong. Yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas 4 yaitu 20 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan rums “T-Test”. Berdasarkan Hasil penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa: (1) Penerapan Metode Simulasi yaitu a) Guru memberikan topik dan tujuan yang akan dicapai, menjelaskan kegiatan simulasi, Guru membagi kelompok dalam simulasi, siswa bertanya kepada guru, b) Tahap simulasi: Guru meminta setiap kelompok memperagakan materi yang dipelajari, Guru meminta kelompok lainnya mengikuti dengan penuh perhatian, Guru memberikan bantuan kepada pemeran yang mendapat kesulitan, c) Tahap akhir simulasi: memberikan evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan, siswa memberikan pernyataan mengenai kegiatan yang telah dipraktekkan, Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi yang telah disimulasikan oleh peserta didik. (2) Penerapan Metode Simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV SD Negeri 42 Rejang Lebong. Ini berdasarkan data yang telah dianalisis menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Dengan membandingkan besarnya “t” hitung dengan besarnya t_tabel pada taraf 1 % adalah 2.52 dan taraf 5 % adalah 2,08. Sehingga disimpulkan t_hitung> t_tabel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ansori, DediUNSPECIFIED
Susilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
Gunawan, GunturUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Simulasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:53
Last Modified: 21 Feb 2023 07:53
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1709

Actions (login required)

View Item View Item