Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam pada Anak di Era Milenial

Lestari, Ayunia and Susilawati, Susilawati and Gunawan, Guntur (2020) Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam pada Anak di Era Milenial. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI AYUNIA LESTARI.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Abstrak: Pendidikan era milenial yaitu pendidikan yang menggunakan ilmu rasional dari kurikulum pendidikan, hal ini dianggap tidak begitu penting dan dapat memengaruhi pengetahuan khas dan tradisional. Karena dikeluarkannya ilmu-ilmu rasional dari materi pendidikan berdampak pada pendidikan. Proses pembelajaran sekarang hanya sekedar mengulang-ngulang materi ajar sampai hafal. Tidak adanya pembelajaran secara dialogis, tanya jawab, berdebat sehingga mengakibatkan lulusannya tidak kritis dan kreatif. Kondisi ini berlangsung sepanjang pertengahan abad sampai abad modern. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pemikiran pendidikan Islam menurut al-Ghazali dan relevansinya terhadap pendidikan Islam pada anak di era milenial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian library research, dengan pendekatan pemikiran tokoh. Obyek penelitian ini adalah pemikiran dan gagasan salah seorang tokoh dalam bidang pendidikan Islam. Di mana sumber datanya bersumber dari data primer dan sekunder. Sumber data primer yaitu data dikumpulkan diolah dan disajikan peneliti sebagai sumber pertama, yaitu buku Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan Karya Abidin Ibnu Rusn dan buku Ilmu Pendidikan Islam Karya Bukhari Umar. Dan data sekunder yaitu data yang dikumpulkan, disajikan dan diolah diolah pihak lain yang biasanya dalam bentuk publikasi atau jurnal. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa Pemikiran al-Ghazali tentang pendidikan memiliki relevansi dengan pendidikan Islam pada anak di era milenial saat ini. akan tetapi relevansinya tidak maksimal. Hal ini dapat dilihat dari kesesuaian antara teori pendidikan al-Ghazali dengan pendidikan yang diterapkan di era milenial. Akan tetapi ada teorinya yang masih dan belum dilaksanakan seperti kurikulum pendidikannya itu masih ada perbedaan sehingga tidak relevan antara kurikulum pendidikan di era milenial dengan kurikulum pendidikan menurut al-Ghazali.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Lestari, AyuniaUNSPECIFIED
Susilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
Gunawan, GunturUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemikiran Al-Ghazali, Pendidikan Islam, Era Milenial.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:53
Last Modified: 21 Feb 2023 07:53
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1705

Actions (login required)

View Item View Item