Penerapan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas VII A Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Rejang Lebong

Suryandani, Wilia Sari and Ratnawati, Ratnawati and Rizal, Syamsul (2018) Penerapan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas VII A Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
skripsi sari suryandani.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter adalah usaha sadar dan terencana dalam menanamkan nilai-nilai sehingga terintegrasi dalam diri peserta didik yang mendorong dan mewujud dalam perilaku dan sikap yang baik. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya persoalan permasalahan tentang karakter pada siswa di SMPN 5 Rejang Lebong pada saat pembelajaran berlangsung. Adapun tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bentuk dan penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII A SMP Negeri 5 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu suatu bentuk penelitian yang dilakukan untuk menggambarkan keadaan yang sesungguhnya mengenai keadaan secara objektif berdasarkan data yang ada pada suatu lingkungan penelitian. Subjek penelitian adalah guru PAI dan siswa kelas VII A Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Rejang Lebong. Teknik pengumpuan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian dengan lembar wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahap-tahap reduksi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah Penerapan pendidikan karakter pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi sejarah Nabi Muhammad S.A.W.di kelas VII a SMPN 5 Rejang Lebong dilaksanakan secara terencana dan terprogram melalui pelaksanaan pembelajaran mulai dari bagian awal, bagian inti dan bagian akhir/ penutup. Hal ini terlihat pada pelaksanaan pembelajaran PAI di kelas yang menerapkan nilai karakter disiplin, jujur, demokratis, rasa kebangsaan, cinta tanah air pada bagian awal pembelajaran, pada bagian inti dilaksanakan dan menggali karakter dari sejarah Nabi Muhammad S.A.W. dengan nilai karakter demokratis, suka bekerja sama, kerja keras, mandiri, kreatif dan gemar membaca. Pada bagian akhir nilai karakter yang diterapkan adalah menghargai prestasi, demokratis, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, bersahabat dan cinta damai. Bentuk pelaksanaan pendidikan karakter pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi sejarah Nabi Muhammad S.A.W.di kelas VIIa SMPN 5 Rejang Lebong dapat dilihat dari penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, dimana pada dokumen RPP dicantumkan nilai-nilai karater mulai dari bagian awal, inti pembelajaran dan penutup.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Suryandani, Wilia SariUNSPECIFIED
Ratnawati, RatnawatiUNSPECIFIED
Rizal, SyamsulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:52
Last Modified: 21 Feb 2023 07:52
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1703

Actions (login required)

View Item View Item