Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan dalam Kegiatan Rihlah di SDIT Rabbi Radhiyya 01 Rejang Lebong

Delviana, Melda and Kurniawan, Kurniawan and Amin, Muhammad (2021) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan dalam Kegiatan Rihlah di SDIT Rabbi Radhiyya 01 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KEGIATAN RIHLAH DI SDIT RABBI RADHIYYA 01 REJANG LEBONG.pdf - Accepted Version

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan melihat bahwa perilaku kenakalan anak seperti bullying, tidak disiplin, tingkat keperdulian yang rendah terhadap orang lain dan dalam berperilaku dan bertutur kata anak yang kadang tidak ada sopan santun terhadap orang yang lebih tua darinya. perilaku kenakalan anak yang kita rasakan saat ini salah satunya diakibatkan karena kurang tertanamnya nilai pendidikan religius, moral, sosial dan budaya. Sedangkan nilai menjadi begitu penting dalam dunia pendidikan dan pendidikan merupakan sebuah keharusan, Education is a necessity of life. Sedangkan rihlah adalah suatu kegiatan pembelajaran di luar sekolah, dimana didalam kegiatan tersebut mengimplementasikan dan menanamkan nilai-nilai pendidikan. Maka dari itu Pada kegiatan Rihlah ini peneliti ingin melihat nilai-nilai pendidikan dalam kegiatan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai pendidikan religius, nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial, dan nilai pendidikan budaya yang diajarkan dalam Kegiatan Rihlah di SDIT Rabbi Radhiyya 01 Rejang Lebong tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, wali kelas 1 A,B,C dan siswa . Adapun teknik Pengambilan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumen dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa: pertama, nilai pendidikan religius ditanamkan melalui sikap patuh dan bersyukur. Kedua, nilai pendidikan moral ditanamkan melalui sikap mandiri, bertanggung jawab, kerja keras dan disiplin. Ketiga, nilai pendidikan sosial ditanamkan melalui sikap peduli dan persaudaraan. Keempat nilai pendidikan budaya ditanamkan melalui budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Delviana, MeldaUNSPECIFIED
Kurniawan, KurniawanUNSPECIFIED
Amin, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Nilai-Nilai Pendidikan, Rihlah.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:52
Last Modified: 21 Feb 2023 07:52
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1701

Actions (login required)

View Item View Item