Upaya Guru dalam Kegiatan Belajar melalui Pembelajaran Tematik di Kelas V pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 104 Rejang Lebong

Septiyani, Melan and Kusen, Kusen and Yulizah, Yosi (2021) Upaya Guru dalam Kegiatan Belajar melalui Pembelajaran Tematik di Kelas V pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 104 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
MELAN SEPTIYANI (17591074).pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Upaya adalah usaha kegiatan yang mengarahkan tenaga, pikiran untuk mencapai suatu tujuan dalam masa pademi covid 19 perlunya pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik adalah suatu model pembelajaran terpadu yang dimana menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Untuk menerapkan kegiatan belajar dimasa pademi covid-19 perlunya upaya guru di SDN 104 Rejang Lebong untuk menerapkan pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang Upaya Guru dalam kegiatan belajar melalui pembelajaran tematik dikelas V pada masa pandemi, faktor pendukung dan penghambat guru dalam melaksanakan kegiatan belajar pada masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wali Kelas V A, Wali Kelas V A dan Siswa kelas V di SDN 104 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data yaitu Analisis sebelum di lapangan, Analisis data lapangan (Data Reduction, Data Display, Conclusion Drawing), Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian kualitatif meliputi uji kredibilitas data penelitian dilakukan dengan cara triangulasi Hasil dari penelitian ini Upaya guru dalam kegiatan belajar melalui pembelajaran Tematik di Kelas V pada masa pademi Covid-19 membutuhkan RPP, Silabus, Menyiapkan alat peraga, media seperti mengunakan video pembelajaran yang bisa di tampilkan memalalui infokus atau laptop. Namun keaktifan siswa sangat dibutuhkan dalam peroses kegiatan belajar mengajar, karena pada pembelajaran tematik lebih menekankan pada keterlibatan siswa yang aktif dalam kegiatan belajar sehingga siswa dapat mandiri dan memperoleh pengalaman sendiri dan lebih terlatih untuk dapat menemukan pengalaman. Faktor pendukung guru dalam kegiatan belajar melalui pembelajaran tematik dikelas V pada masa pandemi covid-19 di SDN 104 Rejang Lebong adalah media atau alat peraga berupa video pembelajaran, poster dan audio tentang materi untuk diajarkan kepada siswa dan Faktor penghambat guru dalam kegiatan belajar melalui pembelajaran tematik dikelas V pada masa pandemi covid-19 di SDN 104 Rejang Lebong adalah waktu belajar yang singkat, interaksi yang dibatasi, karena masa pademi covid 19 pemerintah memberikan beberapa penerapan seperti wajib memakai masker, mencuci tanggan, menjaga jarak, pengaruh teman, dan kondisi ekonomi menurun dikarena wabah covid-19.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Septiyani, MelanUNSPECIFIED
Kusen, KusenUNSPECIFIED
Yulizah, YosiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Belajar, Pembelajaran Tematik, Masa Pandemi Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:52
Last Modified: 21 Feb 2023 07:52
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1697

Actions (login required)

View Item View Item