Manajemen Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Penerapan 5 (Lima) Nilai Budaya Kerja Untuk Peningkatan Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Lubuklinggau

Adventia, Yulianti and Warlizasusi, Jumira and Harmi, Hendra (2021) Manajemen Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Penerapan 5 (Lima) Nilai Budaya Kerja Untuk Peningkatan Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Lubuklinggau. Masters thesis, IAIN Curup.

[img] Text
MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENERAPAN 5 NILAI BUDAYA KERJA UNTUK PENINGKATAN KI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi lima nilai budaya kerja, kendala dan dampak positif untuk peningkatan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Lubuklinggau. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan informasi kepada masyarakat tentang pengimplementasian lima nilai budaya kerja, kendala dan dampak positif untuk peningkatan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Lubuklinggau. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kepemimpinan kepala madrasah sudah melaksanakan sesuai dengan fungsi manajemen yaitu POAC dan persamaan POSDCROB, lima nilai budaya kerja Kementerian Agama sudah diimplementasikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Lubuklinggau, namun masih belum maksimal dikarenakan masih terdapat beberapa kendala, yaitu secara tidak disadari juga ada beberapa guru, dan tenaga pegawai dengan alasan tepat karena masa pandemic, kurangnya disiplinwaktu. watak, sifat, raskarena di madrasah beragam suku, tidak ada anggaran untuk menerapkan 5 (lima) nilai budaya ini karena merupakan budaya kerja kementerian agama republic indonesia yang diluncurkan pada tahun 2014. Rancangan kepala madrasah dalam mengimplementasikan 5 (lima) nilai budaya kerja ini bekerjasama dengan kepala tata usaha, guru dan staff untuk bersama-sama menciptakan iklim budaya menjadi kebiasaan didalam beraktivitas sehari-hari, bukan sekedar pengucapan atau yel-yel dimulut saja dan dilakukan hanya pada hari-hari penting seperti apel bulanan, penyambutan tamu atau hari amal bhakti kementerian agama tetapi ada baiknya diterapkan di madrasah untuk menjadi teladan untuk kepala madrasah, kepala tata usaha, guru, staff bahkan anak didik.. Dampak positif implementasi 5 (lima) nilai budaya kerja Kementerian Agama terhadap kualitas Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Lubuklinggau meliputi, iklim budaya kerja yang menyenangkan bagi warga madrasah, peningkatan kinerja kepala sekolah, kepala tata usaha dan staff, peningkatan prestasi yang diperoleh guru maupun peserta didik, inovasi dalam program madrasah, dan kelengkapan sarana-prasarana madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Adventia, YuliantiUNSPECIFIED
Warlizasusi, JumiraUNSPECIFIED
Harmi, HendraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Manajemen Kepemimpinan, Lima Nilai Budaya Kerja, Peningkatan Kinerja Guru.
Subjects: H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: Mr hardinata
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:52
Last Modified: 21 Feb 2023 07:52
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1694

Actions (login required)

View Item View Item