Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tife Round Robin Dalam Uapaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SDN 77 Rejang Lebong

Astuti, Widia and Dibul Amda, Ahmad and Rian Oktori, Agus (2019) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tife Round Robin Dalam Uapaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SDN 77 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN ~1.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di mulai dari masalah adanya hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa kelas V di SDN 77 Rejang Lebong masih dibawah KKM sehingga perlu dilakukannya pembaharuan model pembelajaran oleh guru sebagai respon semakin lemahnya kualitas belajar siswa. Keadaan ini dikarnakan guru masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional sehingga menimbulkan kejenuhan, kebosanan dan menurunkan minat belajar siswa. Di sisi lain menurut teori bahwa model pembelajaran kooperatife tipe roumd robin dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau (classroom action research). Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatife tipe round robin dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahapan dari perencanaan, pelaksannan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dikelas V SDN 77 Rejang Lebong, berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Variabel penelitian yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi. Analisiss data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan rumusan masalah yang telah dirumuskan, hasil penelitian dengan model pembelajaran kooperatife tipe round robin dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa, hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata pada siklus I sebesar 66,90 dan pada siklus II sebesar 76,90 Sedangkan presentase ketuntasan sebelum digunakan model pembelajaran kooperatife tipe round robin (siklus I ) diperoleh nilai sebesar 62% dan pada siklus II sebesar 95%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Astuti, WidiaUNSPECIFIED
Dibul Amda, AhmadUNSPECIFIED
Rian Oktori, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kooperatife Round Robin, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:52
Last Modified: 21 Feb 2023 07:52
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1689

Actions (login required)

View Item View Item