Peran Guru dalam Mengembangkan Kegiatan Literasi Dasar Siswa Kelas 1 SDIT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong

Sari, Maya and Sugiatno, Sugiatno and Amin, Muhammad (2020) Peran Guru dalam Mengembangkan Kegiatan Literasi Dasar Siswa Kelas 1 SDIT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi Maya Sari.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Peran Guru kelas dalam menjalankan kegiatan literasi dasar untuk mencapai tujuan minat membaca dan menulis siswa. permasalahan dalam penelitian ini adalah. Ketika pembelajaran dimulai ada sebagian anak yang belum lancar membaca dan menulis huruf dengan benar. Ketika membaca beberapa kalimat di buku bacaan masih ada kata yang di eja, sedangkan di sekolah siswa dituntut harus setara dengan teman yang lancar membaca. guru sebagai pembimbing dan pengajar mampu mengajar dan membimbing siswa mulai dari mengenal huruf, mengeja kata demi kata, bahkan sampai bisa membaca per kalimat dan sampai bisa lancar membaca. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kegiatan literasi dasar siswa kelas 1 SDIT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong, (2) untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan kegiatan literasi dasar siswa kelas 1 SDIT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong, (3) Untuk mengetahui hambatan yang dialami guru dalam kegiatan literasi dasar siswa kelas 1 SDIT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong. Kegiatan literasi dasar merupakan suatu tujuan untuk mencapai minat baca dan penulis siswa. kegiatan literasi dasar di sekolah di laksanakan sekitar 15 menit memiliki waktu khusus yang terpisah dari kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SDIT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong selama 09 Juli 2020 sampai 03 Agustus 2020. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru Kelas 1. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi. Serta teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kegiatan Literasi Dasar di SDIT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong suatu program yang di atur oleh kementerian pendidikan yang mengatur gerakan literasi santri Kegiatan literasi dasar di sekolah dilaksanakan sekitar 15 menit memiliki waktu khusus yang terpisah dari kegiatan pembelajaran. Awal kegiatan literasi dasar kelas 1 biasanya dilakukan pemetaan pengukuran tingkat kemampuan anak membaca dan menulis. (2) Peran guru dalam kegiatan literasi dasar siswa kelas 1 SDIT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong sebagai pengajar, guru melihat sejauh mana perkembangan pengetahuan siswa serta sikap dan keterampilan siswa dalam kegiatan literasi dasar. Guru sebagai pembimbing guru mampu membimbing siswa mulai dari mengenal huruf, menghafal sampai harus menulis huruf menjadi sebuah kalimat. (3) Hambatan dalam Kegiatan Literasi Dasar SDIT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi tingkat kemampuan siswa dalam membaca, faktor eksternal berasal dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sari, MayaUNSPECIFIED
Sugiatno, SugiatnoUNSPECIFIED
Amin, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Literasi Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:52
Last Modified: 21 Feb 2023 07:52
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1684

Actions (login required)

View Item View Item