Strategi Implementasi Metode Talaqqi Dalam Menghafal Al-Qur’an Siswa Siswi di Sdit Al-Qud’wah G.1 Mataram Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas

Sari, Luluk Indah and Mustar, Saidil and Arsil, Arsil (2022) Strategi Implementasi Metode Talaqqi Dalam Menghafal Al-Qur’an Siswa Siswi di Sdit Al-Qud’wah G.1 Mataram Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Luluk Indah sari (2).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mulai dari adanya hambatan-hambatan yang dialami ustad/ustazah pembina tahfidz Qur’an dalam mengimplementasikan metode taaqqi, sehingga diperlukan adanya strategi khusus dalam mengimplementasikan metode talaqqi agar proses pembelajaran tahfidz Qur’an dapat berjalan dengan baik.selain itu adanya hambatan yang dialami oleh siswa siswi dalam menghafal Al-Qur’an. ada beberapa anak yang mengalami kesulitan dalam menghafal, ketika siswa yang lain sudah lancar menyetorkan hafalannya,masih terdapat juga siswa yang belum hafal dan tidak lancar dalam menyetorkan hafalannya. ada beberapa faktor yang mempengaruhi hafalan siswa baik itu dari faktor internal maupun internal Strategi adalah cara yang dipilih oleh seorang pendidik dalam menyampaikan materi yang bertujuan untuk membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Strategi implementasi metode talaqqi merupakan strategi yang digunakan untuk memudahkan mengimplementasikan metode talaqqi yang mana metode talaqqi merupakan salah satu metode yang digunakan dalam proses menghafal Al-Quran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, sumber datanya primer dan skunder. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Tekhnik pengumpulan datanya, reduksi data penyajian, penarikan kesimpulan/verifikasi Hasil penelitian menjelaskan yang pertama,Strategi Implementasi Metode Talaqqi Dalam Menghafal Al-Qur’an yaitu 1) dengan mengarahkan anak-anak untuk membaca hafalan nya terlebih dahulu tujuannya agar guru dapat menyimak kualitas bacaan yang dibacakan oleh siswa siswi dan untuk mengetahui ketepatan dari makrojul huruf mereka, 2) guru mencontohkan bacaan perayat lalu anak-anak mengikuti dan dilakukan secara berulang ulang, 3) ustad/ustazah memberi beberapa Quis pertanyaan , membuat kelompok kelas, dan sambung ayat. ketika anak dalam menyetorkan hafalannya ada kekeliruan maka ustad/ustadzah memberikan kode berupa suara “ehm”,gelengan kepala atau ketukan pena pada meja,kemudian dibenarkan. Yang Kedua faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan metode Talaqqi dalam menghafal Al-Qur’an siswa/siswi bahwa faktor pendukungnya yaitu pada niat anak,dukungan orang tua serta faktor teman. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu pada pada kualitas bacaan dan makrojul huruf anak-anak, serta timbulnya rasa bosan ketika menuggu giliran menyetorkan hafalannya Kata Kunci: Strategi Implementasi,metode talaqqi,menghafal al-Qur’an

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sari, Luluk IndahUNSPECIFIED
Mustar, SaidilUNSPECIFIED
Arsil, ArsilUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:51
Last Modified: 21 Feb 2023 07:51
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1681

Actions (login required)

View Item View Item