Implementasi Kompetensi Pembelajaran Tematik Berbasis 4C (Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creatifity) Siswa Kelas V SD Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup

Istiqomah, Istiqomah and Harmi, Hendra and Wahyuningsih, Wiwin Arbaini (2020) Implementasi Kompetensi Pembelajaran Tematik Berbasis 4C (Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creatifity) Siswa Kelas V SD Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS 4C (CRITICAL THINKING, COMMUNICATION, COLLABORATION, CREATIFITY) SI~1.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Lahirnya pendidikan era abad 21 menjadikan siswa dituntut harus memiliki skill atau keterampilan tertentu, untuk menghadapi tantangan perubahan zaman, terutama dalam dunia pendidikan. Keterampilan tersebut ialah Critcal Thingking (Berfikir Kritis), Communication (Berkomunikasi), Collaboraton (Berkolaborasi), Creatifity (Berkreasi/Kreatif), atau yang lebih dikenal dengan Kompeteni 4C. Penelitian dengan judul “Implementasi Kompetensi Pembelajaran Tematik Berbasis 4C (Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creatifity) siswa Kelas V di SDUA Taman Harapan Curup” ini memiliki beberapa pertanyaan penelitian yaitu bagaimana implementasi kompetensi pembelajaran tematik di SDUA Taman Harapan Curup, bagaimana dampak implementasi kompetensi tersebut terhadap siswa, serta apa yang menjadi factor penghambat dan pendukung implementasi kompetensi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kompetensi pembelajaran tematik, dampak yang terjadi terhadap siswa serta factor penghambat dan pendukung implementasi kompetensi pembelajaran tematik bebasis 4C. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder yang diperoleh di lapangan seperti kegiatan belajar mengajar dikelas yang mencakup interaksi antara guru dan siswa serta beberapa sumber lain seperti perangkat pembelajaran, buku pembelajaran tematik. literature, buku referensi, jurnal serta catatan-catatan lain yang berkaitan dengan penelitian. Data akan dianalisis dengan cara deskriptif analisi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa implementasi kompetensi 4C dalam pembelajaran tematik dikelas V sangat baik dalam menumbuhkan dan mengembangkan keempat kompetensi tersebut, suasana belajar yang diciptakan guru menjadikan siswa lebih menyenangkan ketika belajar sebab pembelajaran diubah menjadi student center (berpusat pada siswa). Hal ini memberikan pengalaman baru bagi siswa dalam mengembangkan kompetensinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Istiqomah, IstiqomahUNSPECIFIED
Harmi, HendraUNSPECIFIED
Wahyuningsih, Wiwin ArbainiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creatifity, Tematik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:51
Last Modified: 21 Feb 2023 07:51
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1676

Actions (login required)

View Item View Item